Kapal KM Bahtera Melayu Pembawa Alat Medis Kandas di Perairan Lingga
Oleh : Hadli
Senin | 09-11-2020 | 15:52 WIB
A-KAPAL-KANDAS-LINGGA.jpg
Kapal KM Batera Melayu pembawa alat medis yang kandas di Perairan Lingga. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kapal KM Bahtera Melayu yang mengangkut alat-alat medis kandas di perairan Pulau Kekek, Kecamatan Selayar, Kabupaten Lingga, Senin (09/11/20) sekitar pukul 13.00 Wib.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, kapal naas yang berlayar dari Pelabuhan Kute Dabo menuju Senayang itu kandas usai menabrak karang.

"Kapal mengalami kandas di titik Koordinator 0 derajat 19' 205" S 104 derajat 30' 082" E. Atas informasi tersebut KP XXXI-1005 Satpolairud Polres Lingga langsung mendatangi TKP," ujar Harry Goldenhardt, Senin siang.

Harry menjelaskan, berdasarkan keterangan nahkoda kapal, Abdul Rahman, bahwa pada hari Senin tanggal 9 November 2020 sekira pukul 05.40 Wib Kapal KM Batera Melayu Berangkat dari Pelabuhan Kute Dabo dengan tujuan Pelabuhan Senayang.

Kapal tersebut, tambahnya, bermuatan alat-alat medis. Pada saat dalam perjalanan, sekira pukul 07.00 Wib, kapal tersebut menubruk karang hingga kandas di perairan depan Pulau Kekek.

"Pada saat air surut, kapal menjadi miring dan masuk air laut. Nakhoda pun langsung meminta bantuan ke kapal lain agar membantu memindahkan muatan alat-alat medis dan berhasil dipindahkan," papar Kabid Humas Polda Kepri itu lagi.

Dalam peristiwa ini, diketahui nakhoda beserta 2 ABK dalam keadaan selamat. Hanya ada kerugian materil berupa kapal dan alat-alat medis yang mengalami kerusakan.

Editor: Dardani