Proyek Perluasan Taxiway dan Apron Bandara Hang Nadim Batam Capai 80 Persen
Oleh : Hadli
Rabu | 14-10-2020 | 16:52 WIB
dir-bubu1.jpg
Direktur BUBU dan TIK BP Batam, Suwarso. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna menunjang angkutan barang dari dan keluar, Batam, saat ini Bandara Hang Nadim Batam tengah memperluas pembangunan Taxiway dan Apron.

Peningkatan kapasitas kargo di Bandara Hang Nadim dikerjakan PT Nindya Karya sebagai penyedia jasa konstruksi dan PT Yodya Karya sebagai konsultan supervise.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan TIK BP Batam, Suwarso menyampaikan, pembangunan Taxiway tersebut diperuntukkan bagi pesawat kargo yang akan mendarat dan sebagai lahan parkir pesawat khusus kargo.

"Ini pembangunan tahap ke-2 dan saat ini pekerjaannya sudah mencapai 80 persen," katanya melalui sambungan telpon, Rabu (14/10/2020).

Suwarso menambahkan, pembangunan tahap ke-2 sudah dikerjakan semenjak dua bulan lalu dan target penyelesaian sesuai kontrak akan berakhir Desember 2020 mendatang. "Target pekerjaan sampai tanggal 31 Desember 2020 dengan masa kerja 180 hari," ujarnya.

Perluasan lahan yang tengah dikerjakan PT Nindya Karya di Kargo Hang Nadim Batam seluas 500 x 250 meter persegi dengan pagu anggaran berasal dari BUMN sebesar Rp 155 miliar.

Sebelumnya, Kepala BP Kawasan Batam Muhammad Rudi mengatakan, Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam akan meningkatkan kapasitas kargo Bandara Hang Nadim pada 2020.

Menurut dia, saat ini kapasitas gudang di Bandara Internasional Hang Nadim masih minim, sehingga pihaknya akan menambah agar bisa menampung lebih banyak kargo.

Editor: Gokli