Gas Melon Mulai Langka, Kadisperindag Batam: Tak Perlu Panik, Stok Masih Tersedia
Oleh : Paskalis RH
Jum\'at | 02-10-2020 | 18:52 WIB
gusti-melon.jpg
Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Gustian Riau menyampaikan, ketersedian Gas Elpiji 3 Kg bersubsidi masih aman hingga akhir tahun.

Hal itu disampaikan untuk menjawab isu kelangkaan Gas Melon di berbagai wilayah yang tersebar di Kota Batam. Ia pun mengimbau agar masyarakat Batam tidak perlu panik dengan isu tersebut.

"Masyarakat Batam nggak usah panik dengan isu kelangkaan gas elpiji. Saya jamin ketersedian di Kota Batam masih aman hingga akhir tahun," kata Gustian saat ditemui BATAMTOAY.COM, di bilangan Batam Center, Kamis (1/10/2020) kemarin.

Gustian menegaskan, ketersedian Gas Elpiji 3 Kg untuk masyarakat saat ini masih aman. Namun tidak dipungkiri, penggunaan gas elpiji meningkat sangat drastis ketika pemerintah menerapkan Work From Home (WFH) bagi masyarakat diawal pandemi Covid-19.

Masih kata Gustian, untuk meminimalisir hal itu, dia meminta kerja sama masyarakat agar sama-sama mengawasi aktivitas pendistribusian gas melon di lapangan. Jika ada temuan yang janggal atau melenceng seperti jual di atas harga eceran tertinggi (HET) ataupun penimbunan gas segera melaporkan ke pihaknya.

Bahkan, Gustian Riau juga mengancam akan menindak tegas pihak pangkalan dan agen jika memang terbukti melakukan tindakan yang merugikan masyarakat. "Apabila masyarakat menemukan ada indikasi permainan harga atau penimbunan segara dilaporkan. Kami akan langsung turun. Kalau pangkalan bermain akan saya cabut langsung izinnya, kalau agen kita kasih peringatan pertama, kedua dan ketiga baru cabut juga izinnya," tambahnya.

Kepada pemilik pangkalan, sambungnya, jangan sekali-kali melakukan kegiatan yang merugikan masyarakat terkait pendistribusian gas. Pemilik pangkalan, katanya lagi, tidak boleh menjual gas ke pengecer.

Menanggapi isu tersebut, sambungnya, pihaknya dalam waktu dekat akan turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan secara langsung pendistribusian.

"Senin kita turun ya untuk melakukan pengecekan di kawasan Sagulung dan Batuaji," pungkasnya.

Editor: Gokli