Penggunaan Masker Scuba di Batam Belum Dilarang
Oleh : Putra Gema
Rabu | 30-09-2020 | 17:07 WIB
salim-scuba.jpg
Kepala Satpol PP Kota Batam, Salim. (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Masker scuba yang banyak digunakan masyarakat di Kota Batam saat pandemi Covid-19 melanda, ternyata bukan masker yang aman untuk menangkal masuknya virus corona.

Meski demikian, Satgas Penerapan Protokol Kesehatan di Kota Batam belum melarang masyarakat menggunakan masker scuba tersebut.

Kepala Satpol PP Kota Batam, Salim menegaskan, hingga saat ini pihaknya belum mendapatkan rekomendasi terkait penggunaan masker scuba. "Belum ada yang memberikan rekomendasi, jadi kami tidak menindak masyarakat yang menggunakan masker Scuba," kata Salim, Rabu (30/9/2020).

Meski begitu, dirinya mengakui bahwa masker scuba adalah masker yang paling tidak direkomendasikan, karena hanya dapat menyaring 1 persen bakteri. "Saya juga masih pakai masker Scuba, tetapi untuk siasatinya, saya lapiskan dengan tisu di dalamnya," ungkapnya.

Dijelaskannya, pihaknya hingga saat ini secara rutin terus melakukan pengawasan di penjuru Kota Batam. Saat ini, yang ditindak pun hanya masyarakat yang tidak menggunakan masker.

"Tetapi masih berupa teguran, totalnya selama 8 kali tim menyusuri Kota Batam, sudah didapati 480 pelanggar yang tidak menggunakan masker," tegasnya.

Editor: Gokli