Terus Bertambah, 17 Warga Batam Kembali Positif Covid-19
Oleh : Paskalis Rianghepat
Jum\'at | 21-08-2020 | 12:36 WIB
update-covid12.jpg
Update data covid-19 Batam 20 Agustus 2020. (Foto: Insert)

BATAMTODAY.COM, Batam - Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam kembali mengumumkan 17 orang warga Batam terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan penambahan ini, total pasien positif mencapai 436 orang.

Penambahan pasien ini disampaikan Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Batam, Muhammad Rudi, melalui siaran pers yang diterima BATAMTODAY.COM, Jumat (21/8/2020).

"Ke-17 pasien baru dinyatakan positif Covid-19, terdiri dari 6 orang laki dan 11 perempuan. Dari ke-17 pasien, tiga di antaranya anak-anak dan belum sekolah dan 2 orang lainnya merupakan tenaga medis," kata Rudi.

Berikut rincian pasien positif corona covid 19 Kota Batam:

1. Terkonfirmasi kasus nomor 420, Tn. FNA, laki-laki, 25 tahun. Ia merupakan Anggota POLRI, beralamat di Kelurahan Batu Besar, Kecamatan Nongsa, Kota Batam.

Yang bersangkutan datang ke RS Bhayangkara Batam pada tanggal 18 Agustus 2020 untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri, yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini terkonfirmasi positif.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi/karantina rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

2. Terkonfirmasi kasus nomor 421, Ny. SbtD, perempuan, 61 tahun. Ia merupakan ibu rumah tangga (IRT) yang beralamat di Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong. Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi RS Awal Bros Batam. Sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

3. Terkonfirmasi kasus nomor 422, An. AEB, anak perempuan, 03 tahun, belum sekolah, beralamat di kawasan Rusun BP Batam, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa. Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari terkonfirmasi 398.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi RSUD Embung Fatimah Batam, dan kondisinya dalam keadaan stabil.

4. Terkonfirmasi kasus nomor 423, Ny. WSE, perempuan, 31 tahun, IRT, beralamat di kawasan Rusun BP Batam, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa. Yang bersangkutan merupakan istri dari kasus terkonfirmasi 398.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi RSUD Embung Fatimah Batam, dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

5. Terkonfirmasi kasus nomor 424, bayi laki-laki MGID, 7 bulan, beralamat di kawasan Rusun BP Batam, Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa. Yang bersangkutan merupakan anak kandung dari kasus nomor 398. Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi RSUD Embung Fatimah Batam, kondisinya dalam keadaan stabil.

6. Terkonfirmasi kasus nomor 425, Ny. EHMH, perempuan, 41 tahun, IRT, beralamat di Perumahan Fanindo, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji. Yang bersangkutan merupakan terkait erat dengan kasus nomor 375.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan pada ruang perawatan isolasi rumah sakit rujukan Covid-19 RSKI Covid-19 Galang, dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

7. Terkonfirmasi Kasus nomor 426, Ny. EH, perempuan, 47 tahun, Nakes-ASN, beralamat di Kelurahan Tiban Indah, Kecamatan Sekupang. Yang bersangkutan merupakan dokter yang bertugas di salah satu Puskesmas di Kota Batam.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi Tun Sundari RSUD Embung Fatimah Batam. Kondisinya dalam keadaan stabil.

8. Terkonfirmasi kasus nomor 427, Tn. B, laki-laki, 43 tahun, swasta, beralamat di Kampung Bukit Tanjung Riau, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang. Yang bersangkutan datang ke RSUD Embung Fatimah Batam pada tanggal 18 Agustus 2020, sehubungan ada keluhan sedikit demam dan batuk berdahak.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab/PCR yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini, Terkonfirmasi Positif. Saat ini yang bersangkutan dalam persiapan evakuasi ke RS Galang.

9. Terkonfirmasi kasus nomor 428, Ny. RA, perempuan, 26 tahun, Nakes-ASN, beralamat di kawasan Perumahan Tiban Housing, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang. Yang bersangkutan merupakan tenaga kesehatan bidan, yang bertugas di salah satu Puskesmas di Kota Batam.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi Tun Sundari RSUD Embung Fatimah Batam, dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

10. Terkonfirmasi kasus nomor. 429, An. RKR, anak perempuan, 6 tahun, belum sekolah, beralamat di Perumahan Fanindo Kelurahan Tanjung Uncang Kecamatan Batu Aji Kota Batam. Yang bersangkutan merupakan terkait erat dengan kasus Terkonfirmasi. 375.

Saat ini yang bersangkutan dalam persiapan evakuasi guna ditempatkan di RSKI Covid-19 Galang, dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

11. Terkonfirmasi kasus nomor. 430, Nn. YAH, perempuan, 28 tahun, swasta, beralamat di kawasan Fanindo, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji. Yang bersangkutan merupakan terkait erat dengan kasus nomor 375.

Saat ini yang bersangkutan dalam persiapan evakuasi guna ditempatkan di RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

12. Terkonfirmasi kasus nomor 431, Tn. BS, laki-laki, 49 tahun, swasta, beralamat di Bida Ayu, Kelurahan Mangsang, Kecamatan Sei Beduk. Yang bersangkutan datang ke RSUD Embung Fatimah Batam, pada tanggal 18 Agustus 2020, sehubungan ada keluhan sedikit demam.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan swab/PCR yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini terkonfirmasi Positif.

Saat ini yang bersangkutan dalam persiapan evakuasi guna ditempatkan di ruang perawatan isolasi rumah sakit RSKI Covid-19 Galang dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

13. Terkonfirmasi kasus nomor 432, Ny. IE, perempuan, 29 tahun, IRT, beralamat di kawasan perumahan Sari Padjadjaran, Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung. Yang bersangkutan merupakan ibu hamil yang akan melahirkan, selanjutnya dirujuk ke RSUD Embung Fatimah Batam, pada tanggal 18 Agustus 2020.

Sehubungan dengan persiapan proses persalinanya, maka dilakukan pemeriksaan swab/PCR, yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini terkonfirmasi Positif.

Saat ini yang bersangkutan telah ditempatkan di ruang perawatan isolasi Tun Sundari RSUD Embung Fatimah Batam, dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

14. Terkonfirmasi kasus nomor 433, Tn. YHG, laki-laki, 47 tahun, wiraswasta, beralamat di kawasan perumahan Tiban Bukit Asri, Kelurahan Tiban Baru, Kecamatan Sekupang.

Yang bersangkutan dibawa ke IGD RSBP Batam, pada tanggal 19 Agustus 2020, dalam kondisi Death On Arival (DOA), dimana sebelumnya memiliki riawayat demam untuk itu dilakukanlah pemeriksaan swab, hidung/nasal, yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini, terkonfirmasi positif. Selanjutnya penanganan pemulasaran jenazahnya telah dilakukan menurut Protokol Covid-19.

15. Terkonfirmasi kasus nomor 434, Nn. LLA, perempuan, 25 tahun, swasta, beralamat di kawasan Perumahan The Central Sukajadi, Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Batam Kota.

Yang bersangkutan datang ke Klinik Medilab Batam pada tanggal 18 Agustus 2020, untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri, yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi Positif.

Saat ini yang bersangkutan dalam persiapan evakuasi guna ditempatkan di ruang perawatan isolasi, RSKI Covid-19 Galang.

16. Terkonfirmasi kasus nomor 435, Tn. SP, laki-laki, 37 tahun, swasta, beralamat di kawasan Perumahan Taman Viktoria, Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam. Yang bersangkutan datang ke Klinik Medilab Batam, pada tanggal 19 Agustus 2020 untuk melakukan pemeriksaan swab/PCR secara mandiri. Hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi Positif.

Saat ini yang bersangkutan dalam persiapan evakuasi ke RSKI Covid-19 Galang, dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

17. Terkonfirmasi kasus nomor 436, Nn. PO, perempuan, 22 tahun, mahasiswa, beralamat di kawasan Perumahan Taman Kota Mas, Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam.

Yang bersangkutan datang ke RS Awal Bros Batam, pada tanggal 20 Agustus 2020, sehubungan merasa kontak dengan temannya yang terkonfirmasi positif. Setelah menkalani swab/PCR secara mandiri, yang hasilnya diterima dan diketahui pada hari ini Terkonfirmasi Positif.

Saat ini yang bersangkutan dalam persiapan evakuasi guna ditempatkan di RSKI Covid-19 Galang, dan sejauh ini kondisinya dalam keadaan stabil.

Rudi menjelaskan sesuai hasil penyelidikan epidemiologi terhadap seluruh klaster terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Batam, diperoleh kesimpulan sementara bahwa masih mungkin terjadi pertumbuhan kasus Covid-19 yang berkaitan dengan berbagai klaster yang ada ataupun kasus baru yang terjadi baik dari transmisi lokal maupun impor.

"Hal ini mengingat masih banyak ditemui masyarakat yang belum sepenuhnya mematuhi protokol dan imbauan dari pemerintah guna menekan laju pertumbuhan kasus penyakit Covid-19," pungkasnya.

Editor: Yudha