Jelang HUT Kemerdekaan RI ke-75, Penjual Bendera Mulai Menjamur di Kota Batam
Oleh : Paskalis Rianghepat
Selasa | 11-08-2020 | 12:20 WIB
penjual-bendera11.jpg
Joko, Pedagang Bendera dan Umbul-umbul di Tepi Jalan Raja Ali Kelana, Batam Center, Selasa (11/8/2020). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Menjelang peringatan hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun 2020 pada (17/8/2020) mendatang, pedagang musiman bendera merah putih dan aksesoris mulai menjamur di tepi jalan Kota Batam.

Pemandangan tersebut sudah lazim terjadi seiring meningkatnya kebutuhan bendera dan aksesoris untuk menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya.

Hal itu menjadi peluang tersendiri bagi sejumlah pedagang untuk meraup keuntungan di bulan Agustus ini.

Joko, pedagang bendera di tepi jalan Raja Ali Kelana, Batam Center mengaku dalam sehari dirinya dapat meraup keuntungan hingga ratusan ribu Rupiah dari menjual aksesoris ini.

"Harga akesesoris disini bervariasi. Misalnya bendera merah putih berukuran kecil seharga Rp 10 ribu sedangkan ukuran besar mencapai ratusan ribu," kata Joko, Selasa (11/8/2020).

Lanjutnya, untuk harga umbul umbul yang dijualnya paling murah dibandrol dengan harga Rp 15.000, Rp 20.000, dan yang paling mahal dibandrol dengan harga Rp200.000.

"Meski di tengah pandemi Corona, mudah-mudahan Agustusan tahun ini penghasilan bisa lebih banyak dari tahun lalu," harap Joko.

Terpisah, Rosma, warga rantauan asal Palembang yang berjualan bendera dan Umbul-umbul di Tembesi mengatakan bulan Agustus seakan menjadi bulan yang penuh berkah, dimana ia dapat mengais untung hingga jutaan rupiah perharinya melalui jualan bendera dan umbul-umbul di Kota Batam.

Berjualan Bendera dan umbul umbul, kata dia, pembelinya biasanya didominasi oleh instansi pemerintah dan perusahaan. Sedangkan pembeli secara pribadi hanya para pengendara.

"Biasanya kalau dari instansi pemerintah belinya langsung borongan. Agustusan sebelumnya, setengah hari saja saya sudah mengantongi untung sebesar Rp 1 juta. Mudah-mudahan Agustusan sekarang pun bisa memberi berkah seperti Agustus tahun lalu," pungkasnya.

Editor: Yudha