Tambah 2, Total Pasien Positif Covid-19 di Batam Jadi 278 Orang
Oleh : Pascal Rh
Minggu | 26-07-2020 | 15:38 WIB
rudi_batam-walikota24.jpg
Walikota Batam Rudi (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Batam, kembali mengumumkan penambahan 2 warga Batam yang terkonfirmasi Positif Covid-19.

Penambahan pasien ini disampaikan Walikota Batam, Muhammad Rudi melalui keterangan tertulis, Minggu (26/7/2020) sore.

"Hari ini dua warga Batam kembali dinyatakan terkonfirmasi positif Corona. Data ini adalah hasil pemeriksaan swab test oleh Tim analis BTKLPP Batam berdasarkan hasil temuan dari kasus baru di Kota Batam," kata Rudi.

Rudi menjelaskan, kedua pasien baru ini berjenis kelamin laki-laki. Dengan penambahan ini, total pasien positif Covid-19 di Kota Batam hingga saat ini menjadi 278 orang.

Pasien pertama yang dinyatakan positif Covid-19, sebut dia, adalah seorang laki-laki berinisial YEP berusia 24 tahun, beralamat di perumahan Marina Garden, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batuaji, Kota Batam.

"Pasien ini adalah Security Bank BUMN di Kawasan Mukakuning. Ia menjadi pasien baru Covid-19 Nomor 277," ujarnya.

Yang bersangkutan, kata dia, diketahui tertular virus Corona dari rekan sekerjanya (pasien positif nomor 272) yang saat ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Rujukan Covid-19 RSBP Batam.

Perlu diketahui, pasien ini diketahui positif Covid-19 dari pengembangan Penyelidikan Epidemiologi (PE) terhadap kasus nomor 272 oleh Tim Surveillance Dinas Kesehatan Kota Batam, sehingga pada tanggal 23 Juli 2020 bertempat di RSUD Embung Fatimah Batam dilakukan pengambilan swab tenggorokan, dimana hasil pemeriksaan yang bersangkutan diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi positif

Sementara pasien kedua, ujarnya, merupakan seorang laki-laki berinisial S berusia 39 tahun, bekerja sebagai Pelaut atau Crew Kapal Pandu. Ia beralamat di perumahan Marcelia Batam Centre, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota.

"Yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19 setelah datang berobat ke Klinik Advent Tiban dengan Keluhan demam yang dirasakannya beberapa hari sebelumnya," tambahnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh dokter, yang bersangkutan akhirnya dirujuk ke RS Harapan Bunda Batam dengan diagnosis Susp DBD. Selanjutnya oleh dokter dilakukan pemeriksaan secara intensif antara lain berupa pemeriksaan laboratorium lengkap dan Rontgen Thorax, yang hasilnya Bronkopneumonia Kanan dan dilanjutkan juga dengan pemeriksaan RDT dengan kesimpulan IgG Reaktif.

"Berdasarkan hasil diagnosa Bronkopneumonia + Susp Covid-19, pasien tersebut kemudian melakukan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan Terkonfirmasi Positif. Dengan demikian, ia dinyatakan sebagai kasus nomor 278 di Kota Batam," tandasnya.

Walaupun telah dinyatakan positif, sejauh ini kondisi kedua pasien dalam keadaan stabil. Saat ini, mereka dalam persiapan untuk di evakuasi keruang perawatan isolasi atau karantina di rumah sakit rujukan RSKI Covid-19 Galang, Kota Batam.

Editor: Surya