New Normal, Disparbud Batam Masih Temukan THM Belum Terapkan Protokol Kesehatan
Oleh : Irwan Hirzal
Selasa | 21-07-2020 | 11:16 WIB
razia-thm1.jpg
Razia tempat hiburan malam di Kota Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam melakukan pembinaan dan pengawasan penerapan protokol kesehatan Covid-19 di lokasi tempat hiburan malam (THM), Sabtu (18/7/2020) lalu.

Lokasi yang didatangi oleh petugas yakni Dragon Pub & KTV, Dynasty Pub, Morena Pub, Galaxy Pub & KTV, Fore Play Pub dan beberapa tempat cafe lainnya di kawasan Kampung Bule Nagoya. Dragon dan KTV, Dynasty Karoke dan Lounge, Galaxy KTV Batam, dan pun di kawasan Kampung Bule, Nagoya.

"Pelaksanana Pengawasan ini didapat merespon informasi yang didapat. Dan juga kami rutin melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaku usaha pariwisata di Kota Batam, pasca Walikota Batam Bapak H. M. Rudi membolehkan kembali dibukanya usaha di Kota Batam," katanya.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk melihat penerapan protokol kesehatan yang dilakukan pelaku usaha sektor pariwisata dan pengunjung tempat hiburan.

"Kami melihat apakah karyawan dan pengunjung sudah menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah," ujarnya.

Ardi menyampaikan masih ada tempat hiburan yang karyawan dan pengunjungnya tidak menerapkan protokol kesehatan, tidak memakai masker, jaga jarak dan juga ditemukan persoalan perizinan. Adapun tujuan dilakukan pembinanaan ini untuk memberikan edukasi kembali kepada karyawan dan pengunjung.

"Apabila kami menemukan ada yang tidak pakai masker termasuk yang tidak menjaga jarak, langsung diedukasi," terangnya.

Kegiatan ini akan terus berlanjut dilaksanakan Disbudpar Batam untuk mencegah penularan Covid-19 di Kota Batam.

"Saat ini, Batam sudah berada di zona kuning menuju hijau. Dari 12 kecamatan, 6 kecamatan diantaranya sudah zona hijau," sebutnya.

Ardi berharap masyarakat Kota Batam bisa memenuhi protokol kesehatan, setidaknya seperti memakai masker, menggunakan hand sanitizer, menjaga jarak dengan orang lain dan sebagainya.

"Ayo sama-sama kita patuh terhadap protkes (protokol kesehatan) sesuai anjuran Pemerintah," ajaknya.

Editor: Yudha