Akhmad Rosano Resmi Pimpin DPP PKSS, Siap Majukan Indonesia
Oleh : Aldy
Senin | 30-09-2024 | 13:40 WIB
DPP-PKSS.jpg
Ketua DPP PKSS, Akhmad Rosano bersama pengurus DPW PKSS Kepri dan PDP PKSS Batam, usai pelantikan di Golden Prown, Kota Batam, Minggu (29/9/2024) malam. (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Plt Gubernur Kepulauan Riau, Marlin Agustina Rudi, secara resmi melantik Akhmad Rosano sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Perkumpulan Kekerabatan Sulawesi Selatan (PKSS) dalam acara yang digelar di Ballroom C Golden Prown, Batam, Minggu (29/9/2024) malam.

Pelantikan ini sekaligus mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKSS Provinsi Kepri dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKSS Kota Batam.

Acara pengukuhan yang dihadiri oleh ratusan warga Sulawesi Selatan yang menetap di Batam ini menjadi momentum penting bagi organisasi kemasyarakatan yang baru dibentuk tahun ini. Tidak hanya warga Bugis, acara tersebut juga dihadiri oleh berbagai perwakilan masyarakat Sulawesi lainnya, termasuk mereka yang berasal dari Makassar dan Toraja, yang ikut menikmati sajian kesenian tradisional Sulawesi.

Dalam sambutannya, Marlin Agustina berharap PKSS dapat berperan aktif dalam memajukan daerah, khususnya di Kepulauan Riau. "Kami berharap organisasi ini tidak hanya menjadi sekadar acara seremonial, tetapi mampu berkontribusi nyata dalam pembangunan daerah. PKSS memiliki potensi besar karena diisi oleh orang-orang profesional," ujarnya.

Akhmad Rosano, Ketua DPP PKSS yang baru dilantik, menyampaikan masyarakat Bugis yang menetap di Kepulauan Riau memiliki sejarah panjang di wilayah ini. "Jangan merasa sebagai pendatang. Kita memiliki peran penting dalam sejarah dan pembangunan Kepri. Mari bersama-sama dengan pemerintah dan masyarakat lainnya, kita majukan provinsi yang kita cintai ini," kata Rosano.

Rosano juga menekankan pentingnya nilai-nilai leluhur Bugis, seperti kesantunan dan rasa malu, yang harus menjadi landasan dalam setiap langkah dan kontribusi yang diberikan kepada masyarakat. "PKSS mungkin organisasi baru, tetapi dengan dukungan orang-orang profesional, kami yakin bisa memberikan yang terbaik," tambahnya.

Dalam program kerja 100 hari ke depan, Rosano mengungkapkan PKSS akan fokus memperluas kehadiran organisasi ini di seluruh Indonesia. Saat ini, PKSS sudah terbentuk di dua provinsi, dan targetnya adalah pengukuhan di 36 provinsi serta 534 kabupaten/kota.

"Semoga target ini bisa kita capai, dan Batam tetap menjadi pusat kegiatan PKSS," jelas Rosano.

Ia juga mengajak seluruh pengurus PKSS untuk terus semangat dalam berorganisasi, demi terwujudnya kontribusi nyata bagi kemajuan Batam, Kepulauan Riau, dan Indonesia pada umumnya.

Acara ini turut dihadiri oleh Gubernur Kalimantan Utara serta Ketua DPW PKSS Provinsi Kalimantan Utara. Pengurus yang dikukuhkan selain Akhmad Rosano adalah Masrur Amin sebagai Ketua DPW PKSS Provinsi Kepri dan Prof Dr Larisang sebagai Ketua DPD PKSS Kota Batam.

Editor: Gokli