Pasar Tak Terapkan Protokol Kesehatan Bakal Ditutup
Oleh : Irwan Hirzal
Senin | 20-07-2020 | 17:52 WIB
zul-disperindag.jpg
Kabid Pasar, Disperindag Batam, Zulkarnain. (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam tidak segan-segan menutup pasar yang tidak menerapkan standar protokol kesehatan.

"Kita belum pernah menginstruksikan pasar tutup, tetapi kalau tidak mengikuti standar protokol kesehatan dan kasus banyak ditemukan, terpaksa kita akan tutup," ujar Kabid Pasar, Disperindag, Zulkarnain, Senin (20/7/2020).

Zulkarnain mengatakan, di Kota Batam saat ini ada 45 pasar yang masih beroperasi. Pengelolaan dan pengadang diminta harus menerapkan standar protokol kesehatan Covid-19.

Di antaranya menggunakan sarung tangan, gunakan masker bagi pedagang dan pembeli, jaga jarak antara pedagang dan pembeli, jaga kebersihan pasar, cuci tangan menggunakan sabun, bersihkan lantai dengan disinfektan secara rutin, istirahat di rumah bila sakit panas, demam dan batuk, serta buang sampah pada tempatnya.

Ia yakin apabila pedagang dan pengunjung menerapkan protokol kesehatan, Pasar Fanindo, Tanjunguncang, Batuaji akan kembali normal, begitu juga dengan pasar-pasar lainnya. "Jangan mentang-mentang new normal, protokol kesehatan ini diacuhkan para pedagang dan pembeli," pesannya.

Selain itu, dia meminta pengelolaan pasar untuk membentuk satgas pengecekan dalam mengawasi para pedagang dan pengunjung yang tidak menerapkan standar protokol kesehatan. "Harus ada satgasnya, baik itu satgas pengecekan suhu tubuh pedagang ataupun pembeli. Dan selalu mengecek seluruh pedagang dan pengunjung untuk selalu menggunakan masker," tambah Zulkarnain.

Editor: Gokli