Lima Orang Kembali Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Batam, Total Jadi 263 Pasien
Oleh : Paskalis RH
Selasa | 14-07-2020 | 20:12 WIB
5-lagi-nambah.jpg
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. (Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Tiga warga Batam dan dua orang pendatang kembali terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan penambahan ini, total pasien positif Covid-19 di Batam per 14 Juli 2020 menjadi 263 orang.

Penambahan lima pasien baru ini disampaikan Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 sekaligus Wali Kota Batam, Muhammad Rudi melalui siaran pers, Selasa (14/7/2020) sore.

"Pasien yang baru terkonfirmasi positif Covid-19 terdiri dari lima orang laki-laki, dengan perincian 3 orang merupakan warga Kota Batam, sementara 2 lainnya merupakan pendatang," kata Rudi.

Penambahan pasien baru, kata dia, merupakan data dari hasil pemeriksaan swab test yang dilakukan oleh Tim analis BTKLPP Batam, berdasarkan hasil temuan penyisiran dan kasus baru di Kota Batam.

Rudi menjelaskan, pasien pertama dan kedua yang dinyatakan positif adalah laki-laki berinisial AP dan rekannya berinisial M. Keduanya merupakan pelaut atau kru kapal dan beralamat sementara di salah satu hotel di Kelurahan Tanjunguncang, Kecamatan Batuaji.

Kedua pasien ini, sebutnya, diketahui positif Covid-19 setelah mengikuti pemeriksaan RDT yang hasilnya Reaktif di Puskesmas Sungai Lekop bersama 10 orang rekannya sesama kru kapal yang baru tiba di Batam dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

"Keduanya merupakan pendatang dari Banjarmasin. Mereka bersama kru kapal lainnya datang ke Batam guna menjemput kapal Tug boat baru yang dipesan oleh perusahaan tempatnya bekerja," terang Rudi.

Masih kata Rudi, setelah mengetahui hasil pemeriksaan RDTnya Reaktif, selanjutnya yang bersangkutan dievakuasi ke RSKI Covid-19 untuk melaksanakan karantina atau isolasi dan pengambilan swab tenggorokan yang hasilnya diperoleh pada hari ini dengan terkonfirmasi positif.

"Dengan hasil positif pada saat mengikuti swab tenggorokan, kedua pasien ini kemudian ditetapkan menjadi kasus baru Covid-19 Nomor 259 dan 261 di Batam," tambahnya.

Selanjutnya, pasien positif ketiga, Keempat dan Kelima adalah para pedagang di Pasar Toss 3000, Jodoh. Para pedagang ini, jelasnya, ditetapkan sebagai kasus baru Covid-19 Nomor 260, 262 dan 263 di Kota Batam.

Ketiga orang pedagang ini diketahui positif Covid-19, setelah Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kecamatan Lubuk Baja bersama tim medis Puskesmas Lubuk Baja melakukan penyisiran dan Pemeriksaan RDT kepada para pedagang di Pasar Toss 3000 Sungai Jodoh.

"Pada saat mereka mengikuti RDT, diperoleh hasil dari ketiga orang ini dinyatakan Reaktif dan selanjutnya dievakuasi ke RSKI Covid-19 Galang. Pada saat di RSKI, mereka lalu mengikuti pengambilan swab test tenggorokan sebanyak 2 kali yang hasilnya diperoleh pada hari ini Terkonfirmasi Positif," ungkapnya.

Dari ketiga pedagang ini, ujarnya, salah satu yang berinisial M beralamat di salah satu ruko yang berfungsi sebagai rumah kost di depan Shoping Centre, Kecamatan Lubuk Baja. Sementara inisial AR menempati kost-kosan di Nagoya City Centre, Kelurahan Lubuk Baja Kota, Kecamatan Lubukbaja.

"Sementara pasien kasus nomor 262 berinisial A merupakan warga perumahan Bukit Union, Kelurahan Tanjung Buntung, Kecamatan Bengkong, Kota Batam," tutupnya.

Walaupun kini mereka tengah menjalani proses perawatan dan karantina atau isolasi di RSKI Galang, kondisi para pasien sejauh ini dalam keadaan stabil serta tidak merasakan adanya gangguan kesehatan yang berarti.

Editor: Gokli