Imbas Covid-19, Pelabuhan Internasional Batam Center Masih Sepi Penumpang
Oleh : Paskalis RH
Rabu | 03-06-2020 | 12:53 WIB
pel-int-btm-centr.jpg
Imbas Covid-19, Pelabuhan Batamcenter masih sepi penumpang, Rabu (3/6/2020). (Foto: Paskalis RH)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelabuhan Internasional Batam Center masih sepi penumpang. Hal itu merupakan imbas dari mewabahnya pandemi covid-19.

Bahkan, hanya ada satu kapal komersil yang berangkat, baik ke negera Singapura maupun ke Malaysia setiap harinya.

Manajer Operasional Pelabuhan Feri Internasional Batamcenter, Nika Astaga mengatakan, hanya ada satu operator kapal yang beroperasi. Mereka membawa penumpang yang berangkat dari Batam atau sebaliknya.

"Saat ini hanya ada 1 kapal komersil yang berangkat. Penumpang kadang 1 orang, 4 orang dan paling banyak sekitar 6 orang," kata Nika saat dikonfirmasi melalui selularnya, Rabu (3/6/2020).

Meski kondisi sepi, operasional Pelabuhan Feri Internasional tetap seperti biasa. Karena masih ada kapal yang berangkat. Bahkan pihaknya tetap mengawasi setiap pengunjung yang datang maupun berangkat. Suhu tubuh pengunjung diperiksa, untuk memastikan mereka bebas dari virus corona.

"Memang sepi, tapi operasional Pelabuhan tetap jalan seperti biasa. Pengecekan suhu tubuh pengunjung tetap berlanjut," imbuh Nika.

Menurut dia, penumpang yang berangkat harus memiliki surat izin dari Kedutaan dan tes kesehatan. Begitu juga dengan penumpang yang datang wajib dites suhu tubuh dan lakukan rapid test.

"Sekarang keberangkatan maupun kedatangan lebih diperketat. Jadi memang yang berangkat maupun datang mereka yang punya kepentingan dan sudah memiliki izin," tegas Nika.

Disinggung kesiapan Pelabuhan Feri Internasional Batamcenter jika program "New Normal" diterapkan, menurut Nika sangat siap. Bahkan pihaknya sudah menerapkan protokol kesehatan jauh hari sebelumnya. Seperti menyiapkan air untuk cuci tangan di pintu masuk, menyediakan handsanitezer, pengecekan suhu hingga jaga jarak antar penumpang.

"Pelabuhan kami siap-siap saja, karena memang sudah lama memberlakukan protokol kesehatan untuk orang yang ingin masuk Pelabuhan. Dan mereka juga wajib pakai masker," pungkasnya.

Editor: Dardani