Penerbangan Komersial Ditutup, Pesawat Kargo Bertambah di Bandara Internasional Hang Nadim
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 30-04-2020 | 14:52 WIB
suwarsoo2.jpg
Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Teknologi Informasi dan Komunikasi BP Batam, Suwarso. (Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kementerian perhubungan beberapa waktu mengeluarkan surat edaran pemberhentian sementara pengangkutan penumpang oleh pesawat komersial mulai diberlakukan pada tanggal 24 April 2020.

Untuk di Bandara Internasional Hang Nadim Batam sudah mulai tidak melayani penerbangan penumpang sejak 25 April 2020 pukul 00:00 WIB.

Direktur Badan Usaha Bandar Udara dan Teknologi Informasi dan Komunikasi BP Batam, Suwarso mengatakakan, untuk penerbangan komersial yang mengangkut penumpang sejak diberhentikan sampai saat ini belum ada pesawat komersial yang mendarat mambawa penumpang.

"Saat ini belum ada penerbangan yang masuk ke Bandara Hang Nadim Batam kecuali pesawat kargo," kata Suwarso, Kamis (30/4/2020).

Suwarso mengungkapkan, untuk penerbangan pesawat kargo tidak terpengaruh oleh surat Kemenhub terkait pemberhentian sementara penerbangan untuk angkutan komersial.

"Kargo sendiri saat ini lancar tidak ada halangan. Biasannya pada hari normal kargo hanya 2 pesawat tapi ini penambahan Garuda, Citilink dan Lion," ujarnya.

Suwarso juga mengatakan, akibat pemberhentian sementara penerbangan komersial, beberapa maskapai seperti Garuda, Citilink dan Lion Air untuk sementara ini mengalihkan pesawatnya melakukan angkutan barang.

"Sehingga ada lima pesawat yang melayani kargo di Bandara Hang Nadim Batam sampai saat ini," tegasnya.

Editor: Chandra