Cegah Penyebaran Covid-19, Festival Batam Manortor 2020 Dibatalkan
Oleh : Roni
Rabu | 22-04-2020 | 14:20 WIB
batam_manortor.jpg
Penyelenggaran festival Batam Manortor 2020 dibatalkan (Foto: Roni)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kota Batam, Panitia Festival Batam Manortor 2020 dibatalkan.

"Panitia Festival Batam Manortor 2020 dan segenap pengurus persaudaraan Jawa Batak Tionghoa menyatakan pelaksanaan Festival Batam Manortor untuk sementara dibatalkan," ujar Ketua Persaudaraan Jawa Batak Tionghoa, Darwin Siagian, Rabu (22/4/2020).

Dijelaskan, pembatalan kegiatan ini terpaksa dilakukan mengingat urgensi dan demi keselamatan jiwa seluruh warga Batam terkait wabah Covid-19 yang membuat seluruh aktivitas warga dibatasi.

"Semoga dengan sinergitas dan kerjasama seluruh masyarakat untuk mengikuti arahan dan instruksi pemerintah, Pandemi Covid-19 ini cepat teratasi dan aktivitas masyarakat kembali normal," harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Festival Batam Manortor, Niko Nikson Situmorang menambahkan, berdasarkan data yang diperoleh, Kota Batam telah ditetapkan sebagai salah satu daerah yang dikategorikan zona merah Covid-29. Dan pasien yang positif sudah jumlahnya terus bertambah.

"Hal inilah yang menjadi salah satu pertimbangan khusus bagi panitia untuk sementara membatalkan kegiatan Batam Manortor 2020," ujar Nikson.

Hal senada disampaikan Harlem Simare Mare, Ketua Panitia Pelaksana Batam kegiatan ini. Menurutnya, meskipun dibatalkan, panitia akan tetap menjalankan program pelestarian budaya apabila Covid-19 telah hilang.

"Kita meminta pengertian dari seluruh pihak termasuk para peserta yang selama ini telah meluangkan waktunya untuk berlatih dalam upaya pelestarian budaya Batak tersebut," pungkasnya.

Editor: Surya