Corona Mewabah, Masih Banyak Warga Batuaji Keluar Rumah Tanpa Masker
Oleh : Irwan Hirzal
Jumat | 17-04-2020 | 11:16 WIB
pedagang-tanpa-masker1.jpg
Warga yang belanja di Pasar Aviari tidak mengenakan masker. (Foto: Irwan)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona/Covid-19 banyak cari yang harus dilakukan, salah satunya dengan mengenakan masker saat bepergian ke luar rumah.

Sayangnya masih banyak warga Kota Batam khususnya wilayah Batu Aji yang belum mengggunakan masker saat berpergian ke luar rumah. Kondisi ini terlihat saat petugas keamanan perumahan Permata Hijau berulang-ulang kali memberhentikan pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan masker.

"Stop.. maskernya mana?. Sekarang keluar rumah harus memakai masker," ucap petugas keamanan perumahan Permata Hijau Batu Aji kepada pengendara yang tak memakai masker.

Tak sampai di situ, sejumlah masyarakat dan pedagang pasar Aviari, Batu Aji juga didapat tidak menggunakan masker. Kodisi pasar yang sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat dalam berbelanja kebutuhan pokok sangat rentan penyebaran Covid-19.

Kodisi ini membuat masyarakat lainnya yang menggunakan masker gelisah terhadap penyebaran Covid-19 antara pengunjung dengan masyarakat lainnya.

"Ini harus ada aturan tegas. Kami yang menggunakan masker jadi takut bertemu orang yang tidak menggunakan masker. Ini sangat menghawatirkan," kata Adel pengunjung pasar Aviari.

Padahal Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengingatkan seluruh warga Batam untuk selalu mengenakan masker ketika berada di luar rumah. Penggunaan masker dinilai penting untuk mencegah penularan corona virus disease (Covid-19) antar individu.

Kewajiban menggunakan masker ini, tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor 12 Tahun 2020 yang ditandatangani Walikota Batam. Surat ditujukan kepada Kepala OPD Se-Kota Batam, Pimpinan/Kepala Kantor Lembaga Pemerintah dan Swasta, serta Masyarakat se-Kota Batam.

"Harus ada pengawasan semua pihak, termasuk pengelolaan pasar Aviari," kata Ari pengunjung lainnya.

Editor: Yudha