Tes PCR Covid-19 Sudah Bisa Dilakukan di BTKLPP Batam
Oleh : Irwan
Minggu | 12-04-2020 | 21:04 WIB
corona_virus120.jpg
Ilustrasi

BATAMTODAY.COM, Batam - Pemeriksaan sampel swap untuk mengidentifikasi secara akurat penularan virus corona (Covid-19) akhirnya sudah bisa dilakukan di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya di Batam.

Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam menyatakan akan mulai melakukan pemeriksaan sampel swap spesimen sejumlah orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) pasien Covid-19 dari seluruh rumah sakit yang ada di Kepri mulai Minggu (12/4/2020)

Hal ini diutarakan Kepala Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam, Slamet Siswanto melalui rilisnya memyebutkan, berkat dukungan semua pihak alat bantuan Polymerase Chain Reaction (PCR) dari pemerintah Singapura dapat segera dioperasikan.

"Hal itu dikarenakan BTKLPP sudah memenuhi syarat minimal Biosafety Level 2 untuk melakukan pemeriksaan sample swap. Memang kemarin sempat tertunda karena ada beberapa bahan/reagen yang belum ada,"terangnya

Ia mengungkapkan, bahan yang dikirimkan dari Kementerian Kesehatan saat ini, hanya untuk pemeriksaan 200 sample swap.

Oleh karena itu diharapkan Pemerintah Provinsi Kepri dan Pemko Batam dapat memberikan bantuan berupa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk kesinambungan pemeriksaan sample swap demi identifikasi penularan virus covid-19.

"BTKLPP tetap mengharapkan bantuan dari semua pihak dalam hal ini pemerintah kota Batam dan pemerintah provinsi agar memberikan bantuan Reagen dan lain-lain yang dibutuhkan untuk kesinambungan/konsistensi Pemeriiksaan selanjutnya," pungkasnya.

Editor: Surya