Pangkogabwilhan I Resmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 Pulau Galang
Oleh : Putra Gema
Senin | 06-04-2020 | 18:52 WIB
resmikan-rs-galang.jpg
Pangkogabwilhan I, Laksdya Yudo Margono saat meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (6/4/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I, Laksdya Yudo Margono, meresmikan Rumah Sakit Darurat Covid-19 dan penyakit menurar Pulau Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau, Senin (6/4/2020).

Pembangunan dan peresmian operasional rumah sakit ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam melukan penanggulangan pandemi Covid-19.

Pembangunan rumah sakit darurat ini dimulai pada Maret 2020 lalu. Walaupun mengalami sedikit keterlambatan dari jadwal yang telah ditetapkan, namun peresmiannya tetap sesuai yang ditargetkan Presiden Joko Widodo.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa (Allah SWT) Rumah Sakit Darurat Pulau Galang saya nyatakan resmi dioperasionalkan," kata Yudo Margono.

Dengan beroperasinya RSD Covid-19 Pulau Galang, Yudo berharap rumah sakit tersebut bisa bermanfaat untuk seluruh masyarakat Indonesia. "Mudah-mudahan tidak ada masyarakat yang dibawa ke sini (rumah sakit darurat Covid-19) karena semuanya dalam kondisi sehat," ujarnya.

Diungkapkannya, untuk pengoperasian rumah sakit tersebut nantinya berada di bawah Komando Pangkogasgab, yakni Pangdam I Bukit Barisan.

"Hal ini seperti tempat lainnya, seperti di Wisma Atlet di Jakarta, di bawah kendali Pangdam Jaya," tegasnya.

Di Rumah Sakit Darurat Covid-19 Pulau Galang mempekerjakan 241 tenaga medis dan non medis, yang merupakan gabungan dari TNI-Polri serta relawan.

Editor: Gokli