Anggota DPD Haripinto Apresiasi Tim Medis, Garda Terdepan Melawan Covid-19
Oleh : CR-3
Kamis | 02-04-2020 | 14:48 WIB
haripinto-bantuan_jpg2.jpg
Haripinto, Anggota DPD RI saat memberikan bantuan Alkes di RSUD Embung Fatima, Batam. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) asal Kepri, Haripinto, menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada para dokter dan perawat yang selama ini bertugas menjaga para suspect virus Corona.

Hal ini disampaikan saat memberikan bantuan alat kesehatan (Alkes) berupa masker, APD dan thermometer ke RSUD Embung Fatimah di Batuaji, Kota Batam, Selasa,(31/3/2020).

"Saya sangat mengapresiasi seluruh dokter dan perawat yang berjuang membantu merawat para warga suspect corona," kata Haripinto.

Menurut Haripinto, para petugas medis tersebut, baik dokter maupun perawat, mengalami beban pekerjaan yang tidak kecil. Sudah sepatutnya kita memberikan apresiasi kepada mereka yang berada di garda palingbdepan.

"Saya meminta kepada seluruh komponen masyarakat yang mendapat pelayanan dari dokter untuk menghargai dan menghormati mereka," ujarnya.

Haripinto pun berharap, para dokter dan perawat yang menangani pasien Covid-19 tetap dalam keadaan sehat, dan dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya.

Di samping itu, ia juga menghimbau agar masyarakat mengurangi aktivitas sosial serta bekerja dan belajar di rumah, karena tenaga medis justru harus bekerja lebih keras apabila himbauan tersebut tidak di indahkan masyarakat.

Bahkan, lanjutnya, tidak sedikit tenaga medis yang menjadi korban jiwa dalam upaya menangani Covid-19. Selain itu, masyarakat dapat merawat tenaga kesehatan dengan memberikan dukungan moral dan psikologis serta tidak memberikan stigma negatif kepada mereka.

"Stigma negatif akan berdampak pada penurunan motivasi kerja, masalah psikososial yang akhirnya menurunkan daya tahan tubuh para tenaga kesehatan," imbuhnya.

Masyarakat harus memahami, jelasnya, tenaga kesehatan yang ditugaskan menangani Covid-19 sudah terlatih dan mengikuti protokol keamanan yang sangat ketat. Tidak hanya itu, ditengah menangani Pandemi, para dokter dan perawat juga mengalami kelelahan fisik dan psikologis yang luar biasa dalam menjalankan tugas serta perlu waktu istirahat yang cukup.

"Dukungan masyakarakat akan memberikan motivasi dan energi positif kepada mereka dalam memberikan pertolongan kepada pasien," sambungnya.

Selain itu, kata dia, peran pemerintah dalam merawat tenaga kesehatan juga dinilai sangat penting sehingga senantiasa memberikan dukungan serta apresiasi melalui penyediaan fasilitas yang memadai bagi tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam menangani pasien.

"Negara juga harus hadir memberikan pengertian kepada masyarakat supaya memberi dukungan dan tidak memberi stigma negatif. Sudah saatnya pemerintah, masyarakat, dan tenaga kesehatan saling merawat untuk Indonesia yang lebih baik," pungkasnya.

Editor: Dardani