Jokowi Tegaskan RSD Pulau Galang Bentuk Kesiapan Pemerintah Tanggulangi Covid-19
Oleh : Putra Gema
Rabu | 01-04-2020 | 17:04 WIB
jokowi-galang-1.jpg
Presiden RI Joko Widodo saat meninjau proses pembangunan RS Khusus Covid-19 di Galang, Kota Batam, Rabu (1/4/2020). (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pembangunan Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 dan penyakit menular di Pulau Galang, Kota Batam, mengalami keterlambatan pengerjaan dari yang ditargetkan sebelumnya.

Pembangunan yang ditargetkan selesai pada Sabtu (28/3/2020), terpaksa diundur karena terdapat beberapa peralatan penunjang yang lambat dalam proses pengirimannya.

Akan tetapi, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, dirinya mengharapkan Rumah Sakit Darurat Covid-19, yang mulai beroperasi Senin (6/4/2020) mendatang itu tidak digunakan. "Kita harapakan ini (Rumah Sakit Darurat Covid-19 dan penyakit menular) tidak dipakai," kata Jokowi, Rabu (1/4/2020), saat meninjau RSD Covid-19 Pulau Galang. 

Jokowi juga menegaskan, pembangunan rumah sakit khusus tersebut sebagai bentuk kesiapan pemerintah menghadapi pandemi Covid-19.

"Paling tidak kita siap. Wisma atlet kita siapkan 2.400 unit, dan Alhamdulillah sampai saat ini baru digunakan 400," ujarnya.

Diungkapkannya, rumah sakit ini nantinya juga bisa digunakan untuk mengontrol lonjakan WNI/TKI yang pulang dari Malaysia.

"Tenaga Kerja Indonesia yang pulang ini yang harus dikontrol, diawasi dan harus dicek dalam keadaan bersih dan tidak membawa Covid-19 masuk kampung halamannya," tegasnya.

Editor: Gokli