Subden KBR Satbrimob Polda Kepri Semprot Disinfektan ke Lapas Batam
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 19-03-2020 | 18:52 WIB
semprot-lapas.jpg
Personel Brimob Polda Kepri saat menyeprotkan cairan disinfektan di Lapas Batam, Kamis (19/3/2020). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sub Detasemen Kimia, Biologi dan Radioaktif (Subden KBR) Satbrimob Polda Kepri melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II Batam, Kamis (19/03/2020) pagi.

Penyemprotan ini masih berkaitan dengan mewabahnya virus corona atau Covid-19. Lapas sengaja meminta bantuan Brimob untuk mengantisipasi masuknya Covid-19 ke dalam lingkungan Lapas.

Penyemprotan dilakukan merata di seluruh kamar penjara. Penyemprotan dilakukan secara teliti termasuk kamar mandi dan toilet.

Pintu hinggga tembok penjara pun tak luput dari semprotan cairan disinfektan tadi. Saat penyemprotan berlangsung semua warga binaan dikumpulkan di lapangan dalam Lapas.

Setelah selesai dengan kamar penjara, penyemprotan di lanjutkan ke rumah ibadah, klinik dan gedung utama Lapas Batam.

Komandan Satuan (Dansat) Brimob Polda Kepri, Kombes Pol Mohamad Rendra Salipu melalui Kasubden KBR AKP Z A C Tamba menuturkan, penyemprotan ini merupakan permintaan dari Lapas Batam sebagai upaya untuk mencegah masuknya Covid-19 ke dalam lingkungan Lapas.

"Ini kerja sama lintas instansi. Ada permintaan untuk penyemprotan kita turun. Ini tugas dan tanggung jawab kita bersama," ujarnya.

Kalapas Batam, Misbahudin menuturkan saat ini lingkungan Lapas Batam dalam konsisi aman. Warga binaan yang berjumlah 1.283 orang masih dalam keadaan sehat semua termasuk dengan petugas.

Meskipun demikian sebagai upaya antisipasi penyemprotan tetap dilakukan seperti yang diinstruksikan pemerintah pusat. "Semua standar penanganan wabah Covid-19 ini semuanya kita lakukan. Tidak hanya penyemprotan ini, perketat pengunjung juga kita lakukan karena memang sudah ada instruksi dari pusat," ujar Misbahudin.

Editor: Gokli