Tiang Keropos, Replika Cogan Putri Hamidah di Museum Raja Ali Haji Batam Patah
Oleh : Putra Gema
Selasa | 18-02-2020 | 16:40 WIB
pertanda-apa.jpg
Replika Cogan Putri Hamidah di Museum Raja Ali Haji, Batam patah akibat tiang penyangga sudah kropos, Selasa (18/2/2020). (Foto: Putra Gema)

BATAMTODAY.COM, Batam - Replika Cogan, regalia atau alat kebesaran yang sering dibawa Engku Putri Raja Hamidah, di Museum Raja Ali Haji Batam, patah, Selasa (18/2/2020).

Replika Cogan ini berisikan kata-kata semboyan yang sering dibawa permaisuri dari Sultan Mahmud Riayatsyah.

Replika setinggi 3 meter dengan lebar sekitar 1,5 meter ini terbuat dari bahan besi. Replika ini patah dan tumbang karena tiang penahan beban sudah keropos dan berkarat.

Salah seorang warga Batam, Ardana, mengaku sangat menyayangkan patahnya replika Cogan ini. Dijelaskannya, Cogan berupa daun sirih besar ini merupakan bagian dari simbol kerajaan Riau Lingga Johor dan Pahang.

"Selain menjadi simbol legitimasi adat dan penanda bagi sultan yang memerintah, Cogan ini juga menjadi kelengkapan penting dalam acara arak-arakan sang Sultan. Jadi sayang kalau replikanya dibiarkan tumbang seperti ini," kata Ardana ketika ditemui di Museum Raja Ali Haji Batam, Selasa (18/2/2020).

Diungkapkannya, untuk Cogan aslinya saat ini sudah dimuseumkan di Museum Nasional, Jakarta. Namun, di Lingga saat ini juga telah memiliki koleksi replika Cogan dengan ukuran yang sama persis.

Diharapkannya, meski Cogan yang patah ini adalah replika, namun tetaplah harus dirawat. Hal ini demi menumbuhkan rasa cinta dan pengetahuan kepada generasi muda melayu terhadap sejarah leluhurnya.

"Saya harap Pemko Batam dapat segera memperbaiki replika Cogan ini," pintanya.

Editor: Gokli