Perbaikan Gangguan IndiHome di Jodoh Selesai, Layanan Normal Kembali
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 06-02-2020 | 13:29 WIB
indihome-logo.png
Logo Indihome. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Layanan IndiHome untuk para pelanggan yang berada di Jodoh dan sekitar Batu Ampar Batam telah normal kembali. Perbaikan gangguan selesai dikerjakan tim teknisi PT Telkom sejak Selasa (4/2/2020) lalu. Sedangkan perbaikan kualitas jaringan selesai Rabu sore (5/2/2020).

"Ini berarti pelanggan sudah dapat menikmati Indihome sejak kemarin," ujar Officer Public Relation PT Telkom Witel Rikep, Iman Susilo saat ditemui di Plasa Telkom Pelita, Batam kepada BATAMTODAY.COM, Kamis (6/2/2020).

Iman menjelaskan, gangguan secara massal ini pertama kali diketahui dari laporan pelanggan melalui layanan Call Center 147 dan pelanggan yang menyampaikan keluhannya melalui media online, salah satunya melalui batamtoday.com kemarin.

"Keluhan layanan gangguan dirasakan pelanggan dilaporkan sejak Minggu (2/2/2020)," katanya.

BACA: Hari ke-5, Jaringan Internet Indihome Lumpuh di Jodoh

Tim teknisi gangguan sudah mengunjungi pelanggan untuk perbaikan namun terkendala karena memang putus total sehingga dilakukan pencarian secara prosedur gangguan mulai rumah pelanggan hingga rumah kabel FO milik Telkom. Dibutuhkan waktu dan ketelitian untuk menemukan titik gangguan tersebut.

Nah, setelah melakukan pencarian 1x24 jam, letak gangguan ditemukan tim layanan perbaikan gangguan. Titik gangguan berada tepat di depan SPBU Batu Ampar dan berada di bawah gorong-gorong.

"Kabel FO milik Telkom dipotong OTK, kemungkinan malam mereka beroperasinya," Iman menerangkan. Kabel yang dipotong OTK tersebut (Telkom menyebutnya vandalisme), katanya, mengakibatkan gangguan layanan IndiHome untuk pelanggan yang sebagian besar berada di daerah Jodoh.

Jumlah pelanggan yang tekena imbas gangguan massal ini hampir 500 layanan IndiHome. "Atas nama PT Telkom, kami sampaikan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan atas gangguan ini," ujarnya.

Iman juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada tim perbaikan gangguan yang telah bekerja non stop menemukan titik gangguan. Juga kepada media online BATAMTODAY.COM, yang telah menyampaikan laporan pelanggan terkait keluhan layanan gangguan IndiHome.

Lebih lanjut dijelaskan, PT Telkom telah melaporkan kejadian pemotongan kabel tersebut ke pihak berwajib agar dapat ditindaklanjuti segera. Hal ini, mengingat akibat yang ditimbulkan pelaku menyebabkan gangguan layanan Telkom kepada para pelanggannya. Ini juga menyangkut citra baik Perusahaan, tegasnya.

Telkom berharap dan mengajak semua elemen masyarakat untuk peduli terhadap infrastruktur telekomunikasi milik Telkom, satu-satunya operator telekomunikasi milik Merah Putih. Laporkan jika ada indikasi pekerjaan jaringan yang tidak lazim saat menemui dan melihatnya.

Editor: Dardani