Dua Titik Naik Turun Penumpang Bus di Tembesi Jadi Tempat Pembuangan Sampah
Oleh : Hendra
Rabu | 05-02-2020 | 16:52 WIB
sampah-sembarang.jpg
Petugas kebersihan saat memungut sampah berserah di salah satu titik naik turun penumpang di Tembesi, Sagulung, Rabu (5/2/2020). (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dua titik perhentian bus (naik turun penumpang) di Pondok Tani, Kelurahan Tembesi, Sagulung jadi tempat pembuangan sampah. Hal ini disebabkan, tidak adanya bak sampah di dua titik tersebut.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lapangan, lokasi bus stop tersebut masih aktif digunakan namun juga telah bertahun-tahun menjadi tempat pembuangan sampah. "Warga bingung mau buang sampah ke mana, akhirnya buang ke tempat ini," kata Herlan, petugas kebersihan dari Kota Batam, Rabu (5/2/2020).

Tak ayal, setiap hari petugas Dinas Kebersihan tetap mengangkut sampah dari lokasi bus stop tersebut. Sementara, mereka pun tidak bisa melarang warga untuk tidak buang sampah karena tidak adanya bak penampungan sampah di lokasi itu.

"Yang jelas kita hanya mengangangkut sampah tiap hari dari lokasi ini," tuturnya.

Meski demikian, kepada awak media petugas tersebut berharap agar sekiranya membuang sampah sedikit lebih jauh dari bus stop agar tidak menjadi keluhan pengguna bus.

"Kita tetap akan angkut sampah itu. Namun kalau di sini (bus stop), tak enak di pandang, lagian bus stop ini masih aktif digunakan," tutupnya.

Yoan, seorang anak sekolah yang sering menggunakan bus stop tersebut mengatakan sangat terganggu dengan lokasi pembuangan sampah tersebut. Baunya yang menyengat dan tidak sedap dipandang menjadi perhatiannya.

"Gak etis aja bang, baiknya pemerintah menyediakan lokasi pembuangan atau kasih baknya jangan berserakan seperti ini," terangnya.

"Inikan membuat kita yang nunggu kendaraan jadi gak nyaman," tutupnya.

Editor: Gokli