Tembok Roboh Disebut Bencana Alam

Manajemen Pollux Habibie Janji Ganti Kerugian Warga Perumahan Citra Batam
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 30-01-2020 | 18:16 WIB
bahas-tembok1.jpg
Komisi III DPRD Batam saat pertemuan dengan manajemen Pollux Habibe terkait robohnya tembok pembatas ke Perumahan Citra Batam, Kamis (30/1/2020). (Foto: Nando Sirait)

BATAMTODAY.COM, Batam - Manajemen mega proyek Pollux Habibie menjanjikan akan menganti seluruh kerugian material yang diderita warga blok D dan blok C Perumahan Citra Batam, Batam Center, pasca robohnya tembok pembatas pada Rabu (29/01/2020) malam.

Hal tersebut disampaikan salah satu Direksi Pollux Barelang Superblock, Saraswati setelah pertemuan dengan pihak Komisi III DPRD Kota Batam, Kamis (30/01/2020) siang. "Saya kaget mendengar berita itu tadi malam, pagi ini saya langsung datang ke Batam. Karena ini musim penghujan, kami merasa ini akibat dampak bencana alam," dalihnya.

Ia menuturkan, pihaknya menganggap setiap perumahan yang berbatasan langsung dengan proyek sudah dianggap menjadi tetangga, yang juga harus saling menjaga. "Selaku direksi saya secara pribadi memohon maaf, saya menyesalkan peristiwa ini terjadi," paparnya.

General Manager Pollux Meisterstadt Batam, Richie Laseduw menambahkan, pihaknya sudah bergerak cepat menurunkan tim membersihkan puing-puing pagar.

Selain itu pihaknya dan warga Perumahan Citra Batam serta Pemerintah Kota (Pemko) Batam juga sudah saling koordinasi untuk membangun ulang pagar lebih kokoh dan drainase yang ideal agar bencana serupa tidak terulang.

"Penyebab ambruknya pagar proyek itu adalah hujan deras, dan drainase yang belum terhubung langsung dengan drainase utama sehingga menimbulkan bencana. Insiden tersebut dipastikan adalah musibah fisik yang sifatnya force majeur," tuturnya.

Saat ini, langkah yang ditempuh Pollux, juga termasuk menjamin menanggung kerugian yang dialami warga akibat bencana ini. Proses pendataan kerugian terus berjalan, dengan berkoordinasi dengan warga.

"Perseroan berkomitmen terus menjamin pembangunan proyek investasi ini, dengan senantiasa mengutamakan aspek keamanan dan keselamatan baik kepada pekerja proyek dan warga sekitar," tutupnya.

Editor: Gokli