RSUD Embung Fatimah Pastikan Belum Ada Pasien Terpapar Virus Corona
Oleh : Hendra Mahyudi
Senin | 27-01-2020 | 12:28 WIB
RSUD.jpg
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah. (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah menyatakan sejauh ini belum menerima laporan adanya pasien yang terpapar virus corona, yang sedang menjadi perhatian masyarkat dunia saat ini.

"Hingga hari ini belum ada terdeteksi," ujar Humas RSUD Embung Fatimah kota Batam, Novita, Senin (27/1/2020).

Kendati begitu, pihak rumah sakit tetap siaga akan virus tersebut dan sudah menyediakan segala fasilitas penanganan memadai, seandainya menerima pasien pengidap virus corona, contohnya seperti ruangan khusus isolasi.

"RSUD Embung Fatimah sifatnya sebagai rumah sakit rujukan dan sudah menyiapkan ruang isolasi sesuai standar Kemenkes," lanjutnya.

Hal lainnya, ruangan yang disediakan berupa ruang Unit Gawat Darurat (UGD) maupun ruangan yang disiapkan untuk isolasi seperti penderita penyakit paru-paru.

"Kalau gejala itukan sudah bisa terdeteksi ya, dia menyerang ke pernafasan. Di UGD kami ada ruangan dekontaminasi. Nah di situ, pasien akan sendiri," lanjutnya lagi.

Kendati begitu, pihak rumah sakit tetap meminta agar warga selalu waspada dan tidak panik. "Kalau (RSUD) tidak siap ya kita rujuk. Biasanya kita oper (rujuk) lagi ke rumah sakit khusus infeksi, agar penangananya langsung karena memang khusus untuk infeksi," terangnya.

Selanjutnya, gejala penyakit yang disebabkan virus corona terbilang sangat umum. Hal itu seperti demam, batuk, dan nyeri tenggorokan.

Selain itu, juga ada kriteria lainnya bagi yang terdampak gejala corona. Kriteria lain itu seperti pasien berasal dari wilayah yang terjangkit atau berasal dari rumah sakit yang merawat pasien yang terpapar virus tersebut.

Berdasarkan pedoman World Health Organization (WHO), jika dalam 14 hari seseorang yang ada di kriteria tersebut merasakan gejala demam, batuk dan nyeri tenggorokan, ia harus segera diisolasi.

Editor: Chandra