Event Pariwisata Mahakarya Anak Rantau Tarik Minat Kunjungan Wisman ke Batam
Oleh : Nando Sirait
Senin | 13-01-2020 | 08:15 WIB
anak-rantau1.jpg
Event Pariwisata Mahakarya Anak Rantau di Atrium Mega Mall. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam mengawali event pariwisata 2020, dengan menggelar 'Mahakarya Anak Rantau' di atrium barat MegaMall, Batam Center, Minggu (12/1/2020) kemarin.

Kegiatan ini mengangkat tema "Semangat dari Batam untuk Indonesia". Kadisbudpar Kota Batam, Ardiwinata, mengungkapkan, pegelaran event ini merupakan salah satu kegiatan dari 136 agenda pariwisata Disbudpar bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI.

Ardiwinata juga menyampaikan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sangat mengakomodir kegiatan para generasi milenial. Ardi berharap, anak muda terus berkarya untuk memajukan Batam.

Pariwisata merupakan sektor yang tak termakan oleh zaman. Setiap tahunnya pemerintah memiliki agenda pariwisata yang akan terus berkembang. Karena itu Wali Kota Batam Muhamad Rudi saat ini tengah membenahi infrastruktur untuk memberikan rasa nyaman kepada wisatawan domestik dan mancanegara yang tengah berlibur di Kota Batam.

"Pak Wali (Wali Kota Batam, Muhamad Rudi) tengah membangun aksesbelitas, 3 tahun belakangan ini kita bangga, jalan diperlebar terdapat 5 lajur setiap jalurnya," ujarnya, Senin (13/1/2020).

Jalanan yang lebar dan nyaman ini dapat membawa wisatawan lebih banyak destinasi yang dikunjungi. Seperti ke Jembatan Barelang. "Kita juga mempunyai wisata religi baru yakni Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah merupakan masjid terbesar di Sumatera yang berada di Batu Aji. Lalu ada Museum Batam," lanjutnya.

Selain wisata religi, Batam mempunyai banyak wisata seperti kuliner, belanja, bahari. Mengait wisatawan, Batam juga menggelar berbagai kegiatan salah satu Anak Rantau ini.

"Acara kemarin sangat dinikmati wisman, saya berharap tahun selanjutnya terdapat tamu dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan negara lainnya," pintanya.

Ketua Panitia Pelaksana Mahakarya Anak Rantau 2, Rahmat Sagara mengatakan acara ini digagas oleh anak muda bertalenta Kota Batam untuk mempromosikan bakat anak muda dibidang tari, menyanyi, fashion show.

Acara berlangsung ramai dan meriah. Berbagai tarian, seperti tari piring dari Sumatera Barat, dan sebagainya dipersembahkan. pengisi acara dan penonton menari bersama memerihkan acara ini. Menghibur penonton, acara diawali dengan persembahan dari Harris Hotel Batam Center yakni Harris Move.

"Saya mengapresiasi kepada semua pihak telah membantu sehingga acara ini terlaksana. Acara ini bukan hanya sekedar acara hura-hura saja acara ini memberikan hiburan, promo perusahaan, dan mengembangkan bakat generasi muda," katanya.

Dalam kesempatan ini, Rahmat berharap Kegiatan Anak Rantau menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam. Sebelumnya Anak Rantau 1 digelar tahun 2018.

"Berharap kepada pemerintah menjadi agenda tahunan. Sehingga bakat anak muda Batam terus berkembang," pintanya.

Editor: Yudha