Permudah Pembayaran Pajak Kendaraan, Samsat Corner Kini Hadir di Tiban
Oleh : Hendra
Jum\'at | 10-01-2020 | 19:04 WIB
vira-dispenda.jpg
Kepala UPT PPD Samsat Batam Center, Vira Jiansa Respaty. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Demi mempermudah masyarakat Tiban, Sekupang dan sekitarnya dalam pembayaran pajak kendaraan, kini Samsat Corner hadir persis berlokasi di kawasan SPBU Tiban Center.

Peresmian ini langsung dihadiri Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kepri, Reni Yusnelia pada Jumat (10/01/2020) siang.

Reni mengatakan, kini warga Tiban dan Sekupang secara keseluruhan tidak perlu lagi jauh-jauh demi membayar pajak kendaraan ke Batam Center atau Batuaji, karena Samsat Corner telah hadir di kawasan Tiban Center.

Peluncuran Samsat Corner ini merupakan upaya UPT Samsat Batam Center untuk meningkatkan pendapatan daerah dan semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membayar pajak.

"Untuk tahun 2020 kita dari Dispenda mematok target pendapatan dari pajak kendaraan bermotor sebesar Rp 1,189 trilun. Jumlah itu berbeda dari pendapatan tahun 2019, sehingga perlu adanya peningkatan warga dalam membayar pajak," ujarnya.

Pendapatan Samsat di Kepri pada 2019, dia katakan, sekitaran Rp 1,095 triliun. Sehingga ditargetkan harus ada peningkatan di tahun 2020 ini.

Di tempat yang sama, Kepala UPT Penerimaan Pajak Daerah (PPD) Samsat Batam Center, Vira Jiansa Respaty mengatakan, saat ini UPT Samsat Batam Center telah memiliki 5 unit Samsat Corner. Di antaranya ada di BCS Mall, Kepri Mall, Batam Center, Harbour Bay dan Tiban Center.

Baginya ini merupakan bentuk upaya jemput bola pemerintah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat agar dapat membayar pajak. Adanya Samsat Corner di kawasan Tiban akan membuat warga tidak perlu jauh-jauh datang membayar pajak.

"Selain Samsat Corner nantinya kita juga akan menghadirkan Samsat Kontainer di beberapa daerah kawasan industri nantinya," tandas Vira.

Editor: Gokli