Anak-anak Antuasias Diajak Tanam Pohon Bersama Kapolda Kepri
Oleh : Hadli
Jum\'at | 10-01-2020 | 16:04 WIB
tanam_pohon_kapolda_tk.jpg
Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto mengajak anak-anak TK menanam pohon bersama di Lapangan Tembak Seligi Polda Kepuluan Riau (Foto: Hadli)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mulai dari anak TK (taman kanak-kanak) sampai dengan mahasiswa di Batam dilibatkan saat melakukan penanaman dan penyiraman pohon yang digelar disekitar Lapangan Tembak Seligi Polda Kepuluan Riau (Kepri), Jumat (10/1/2019).

Antusias anak-anak TK ini terlihat sangat tinggi mengikuti program yang dicanangkan Kapolri melalui 'Polri Peduli Penghijauan Gerakan Penanaman Pohon' yang dilakukan Polda Kepri.

"Suka tanam pohon nanti kalau sudah berbuah kan buahnya bisa Celsea makan," kata Celsea Chantika dengan polos dari TK Pembina Tiban, Kecamatan Sekupang usai mengikuti siram tanaman pohon buah Angggur Brazil atau nama latinnya Myrciaria Cauliflora Fyn.

Para anak-anak ini dibimbing langsung oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi Revianto. Dari mulai menimbun tanah dengan alat sekop kedalam lubang pohon sampai melakukan penyiraman.

Kapolda mengatakan, sebagai Implementasi kebijakan Kapolri 'Polri Peduli Penghijauan, Gerakan Penanaman Pohon' yang dilaksanakan
Jumat 10 Januari 2020 bersamaan "Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup Indonesia.

"Anak-anak dari TK, SD sampai tingkat Universitas kami libatkan penanaman pohon disini bertujuan agar mereka dapat mencintai lingkungan," tutur Kapolda.

Sebagai informasi sampai dengan tahun 2019 lebih kurang 6.000 pohon yang telah ditanam dan didalam dinamika nya secara bertahap sampai dengan januari 2020 telah tertanam sebanyak 1.920 bibit pohon oleh Polda Kepri dan jajaran. Pada hari ini secara serentak Polda Kepri dan jajaran akan melakukan penanaman Pohon sebanyak 20.424 bibit pohon secara berkelanjutan.

"Marilah bersama kita canangkan Provinsi Kepri untuk Hijau mengingat wilayah Geografis kita yang hanya 4 % daratan dan sisa nya merupakan lautan, jangan sampai daratan tersebut tergerus," ujar Kapolda.

Bibit pohon yang ditanam terdiri dari 24 Jenis Pohon, diantaranya Bibit Anggur Brazil, Jambu Jamaica, Jambu Air, Jambu Biji, Jambu Madu, Jambu Bol, Matoa, Cempedak, Gaharu, Durian, Ketapang, Pucuk Merah, Sirsak, Sakura, Ketapang Kencana, Pohon Kaya, Mangga, Kelengkeng, Mangga Kyojai, Rambutan, Sangkis, Duku, Daun Salam, dan Angsana.

Editor: Surya