Besok, IAP Kepri Gelar Kongres III di Batam
Oleh : Nando Sirait
Jumat | 10-01-2020 | 11:52 WIB
IAP-Kepri1.jpg
Pengurus Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Kepri. (Foto: Nando)

BATAMTODAY.COM, Batam - Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP) Kepri, organisasi profesi yang berfungsi sebagai wadah bagi para ahli perencanaan wilayah dan kota, akan menggelar kongres ketiga di Batam, Sabtu (11/1/2020) besok.

Ketua IAP Kepri Suratno mengatakan, dalam kongrea kali ini, pihaknya mengangkat tema Peran dan Penguatan IAP Kepulauan Riau dalam Perencanaan Pembangunan di Provinsi Kepulauan Riau.

"Rangkaian kegiatan Kongres Provinsi IAP Kepulauan Riau ini akan diisi dengan talkshow membahas isu-isu strategis dalam perencanaan wilayah dan kota di Provinsi Kepulauan Riau," ujarnya, Jumat (10/01/2020).

Adapun para pembicara yang akan mengisi dalam talkshow ini Hendricus Andy Simarmata selaku Ketua Umum IAP Nasional, Wan Darussalam selaku Kepala Bapelitbangda Kota Batam, dan Dr Yayat Supriatna selaku Pengamat Perkotaan, sedangkan sebagai moderator akan dipandu oleh Dr Mohamad Gita Indrawan. Kegiatan Kongres Provinsi IAP Kepulauan Riau ini rencananya akan dibuka langsung oleh Plt Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Isdianto.

"Kegiatan Kongres Provinsi IAP Kepulauan Riau ini dilaksanakan sesuai amanat AD-ART IAP Nasional No.12 Tahun 2016 dalam rangka membentuk kepengurusan baru untuk tiga tahun ke depan yaitu masa periode 2020-2023," kata dia.

Saat ini Anggota IAP Kepulauan Riau yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap untuk bisa ikut kegiatan kongres telah mencapai hampir seratus anggota, di mana para anggota IAP Kepulauan Riau ini berkonsentrasi menetap di Kota Tanjungpinang dan Kota Batam serta tersebar di beberapa Kabupaten yang ada di Kepulauan Riau dengan beragam profesi, seperti Pegawai Pemerintahan di Provinsi dan Kabupaten/Kota di wilayah Kepulauan Riau, Praktisi Konsultan, Akademisi, Swasta dan Wiraswasta.

Pendaftaran Anggota IAP Kepulauan Riau ini telah dilakukan sejak tanggal 12 November hingga 12 Desember 2019, di mana proses registrasi keanggotaan dilakukan secara online. Setelah dilakukan proses pendaftaran keanggotaan, selanjutnya adalah pendaftaran untuk menjadi Calon Ketua IAP Kepulauan Riau yaitu pada tanggal 19 hingga 22 Desember 2019 dengan syarat dan kriteria Calon Ketua IAP Kepulauan Riau yang telah ditetapkan oleh Panitia Pemilihan.

"Tantangan terbesar untuk kepengurusan IAP Kepulauan Riau periode 2020-2023 adalah bagaimana menguatkan peran organisasi IAP Kepulauan Riau agar dapat bersinergi dengan pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota di wilayah Kepulauan Riau dalam menyusun rencana-rencana pembangunan yang lebih inklusif dan berkelanjutan serta berkolaborasi dan bermitra dengan berbagai institusi baik pemerintah, swasta, LSM, dan asosiasi-asosiasi profesi lain yang terkait," ujarnya.

Editor: Yudha