Ranperda Pariwisata Sudah Masuk dalam Pembahasan DPRD Batam
Oleh : Putra
Minggu | 05-01-2020 | 12:08 WIB
utusan_sarumaha11.jpg
Anggota DPRD Batam Utusan Sarumaha (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Anggota Komisi I DPRD Kota Batam, Utusan Sarumaha, mengatakan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pariwisata Kota Batam sudah masuk dalam tahap Propemperda (Program Pembentukan Peraturan Daerah) Kota Batam 2020.

Ranperda Pariwisata, sambungnya, sudah diusulkan Pemko Batam dan segera masuk tahap pembahasan di DPRD.

"Ranperda tersebut sudah diajukan Pemko Batam, dan saat ini kita tinggal menunggu tahapan selanjutnya," kata Utusan melalui telepon selulernya, Sabtu (4/1/2020).

Ia menjelaskan, Perda Pariwisata sangat diperlukan karena pariwisata di Kota Batam sangat memiliki potensi. Nantinya, kata Sarumaha, Perda ini juga akan meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Selain itu, Perda ini nantinya juga akan memberikan penegasan terkait pengelolaan kawasan pariwisata dan hal tersebut membuat masyarakat tidak lagi khawatir dalam pengelolaan lokasi pariwisata.

"Ke depan kita akan uji dan bahas soal formil dan materil, semoga ini cepat terselesaikan demi kemajuan Kota Batam," tegasnya.

Sebelumnya, empat orang pelaku pungutan liar (pungli) diamankan personel Subdit III Ditreskrimum Polda Kepri di kawasan objek wisata Tanjungpinggir, Sekupang, Rabu (1/1/2020).

Dirreskrimum Polda Kepri, Kombes Pol Arie Dharmato, saat ekspose di Mapolda Kepri mengatakan, persoalan ini pada dasarnya tergantung dari bagaimana pengeloaan pihak pemerintah daerah maupun kota di objek wisata agar tidak kacau balau seperti saat ini.

"Sekarang tergantung pengelolaan dari pihak pemerintah daerah terhadap pengelolaan pariwisata. Supaya tidak ada pihak yang saling mengklaim," ujarnya.

Menilik hal ini, masyarakat luas di Batam berharap agar sekiranya Disbudpar Batam tidak hanya sibuk menggaungkan Batam kota wisata, sementara pengelolaan kawasan wisata itu sendiri masih kacau balau. Karena ada nilai kenyamanan yang hilang selama ini dalam dunia wisata kota Batam.

Editor: Surya