Lolos Administrasi dan Uji Kelayakan, Pansel Kantongi Lima Calon Direktur BUMD Batam
Oleh : Nando Sirait
Sabtu | 04-01-2020 | 15:40 WIB
seleksi-bp-batam.jpg
Lima nama kandidat Direktur BUMD Kota Batam yang lolos seleksi. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Lima nama calon Direktur untuk Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kota Batam, PT Pembangunan Batam dinyatakan telah lolos seleksi administrasi serta Uji Kelayakan dan Kepatutan (UKK) yang telah dilakukan sejak Maret 2019 lalu.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Tim Seleksi, Yusfa Hendri saat dihubungi, Sabtu (4/1/2020). Nantinya kelima calon ini akan melalui tes wawancara yang akan dilakukan langsung oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi yang juga merupakan pemegang saham dari PT Pembangunan Batam.

"Iya benar dari seleksi yang telah berlangsung, kami telah mengantongi lima nama calon dari total tujuh calon yang telah mendaftar. Untuk selanjutnya akan menjalani wawancara, yang akan dilakukan langsung oleh Walikota Batam," tuturnya.

Yusfa juga menjelaskan, kelima nama yang telah lolos uji administrasi dan UKK oleh tim pansel adalah M Syahrial, Suyono Saputro, Socrates, Fadjri Nasution, dan Anasrudin. Nantinya hasil wawancara yang dilakukan oleh Walikota Batam, akan kembali dibahas dalam Rapat Umum Pemengang Saham (RUPS).

"Untuk wawancara ini sendiri ditargetkan dapat dilakukan pada Januari ini, target kita pada Maret mendatang sudah keluar nama Direktur BUMD yang baru," tambahnya.

Yusfa mengatakan, proses seleksi BUMD sebenarnya sudah dilakukan dua kali sebelumnya, karena masa jabatan komisaris dan direksi BUMD berakhir pada Agustus 2018 lalu. Namun proses seleksi dua kali gagal karena jumlah yang mendaftar belum memenuhi kuota sebagaimana diatur dalam persyaratan.

Pemko Batam berharap BUMD nantinya bisa memberikan kontribusi dan produktif serta dapat menyumbang terhadap potensi pendapatan asli daerah (PAD), karena badan usaha seyogyanya kata dia adalah profit. Itu sebabnya proses seleksi ini dapat merekrut calon yang berkompeten di bidangnya untuk memimpin BUMD.

"Tentunya harapan kita semua, BUMD bisa produktif. Sehingga bisa mendorong potensi PAD Batam," katanya.

Terkait fokus utama bisnisnya, pihaknya mengaku saat ini masih menunggu proses seleksi selesai. Setelah para pengurus komisaris dan direksi terbentuk secara lengkap maka akan ada rapat umum saham dan akan ditentukan usaha mana yang akan menjadi fokusnya.

Editor: Dardani