Pelni Batam Siap Pindah ke Pelabuhan Beton Sekupang
Oleh : Hendra Mahyudi
Rabu | 20-11-2019 | 10:04 WIB
pelni-dicky1.jpg
Kepala Unit Operasional Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Batam, Dicky Dermawan. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Wacana pemindahan pelabuhan kapal Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) dari Batuampar ke Pelabuhan Beton, Sekupang kembali mengemuka.

Menanggapi hal ini, Kepala Unit Operasional Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Batam, Dicky Dermawan mengaku siap dipindahkan jika pelabuhan tersebut telah memenuhi syarat kelayakan operasional pelayaran.

"Kita siap dipindahkan lagi, tapi dengan konteks pelabuhan yang layak bagi pelayaran," ujarnya Selasa (19/11/2019) kemarin.

Baginya, wacana perpindahan pelabuhan disebutkan harus memperhatikan persoalan kedalaman alur pelayaran, agar tidak terjadi kejadian 2016 lalu kala KM Kelud kandas ketika hendak berlabuh di pelabuhan Beton, Sekupang.

"Karena Kapal Pelni pernah kandas 2 kali dulunya," terang Dicky.

Sejauh ini Dicky mengatakan, dalam koordinasi terakhir dengan BP Batam, secepatnya pelabuhan Pelni akan dipindahkan ke Pelabuhan Beton, Sekupang, dengan harapan mereka agar adanya alur perairan dan perbaikan terminal penumpang yang layak demi kenyamanan masyarakat.

"Jadi jika pindah ke Sekupang setidaknya masyarakat merasakan kenyamanan. Pun juga sebentar lagi akan masuk musim natal dan tahun baru. Harapan kita ya fokuskan aja dulu di pelabuhan di Batu ampar, setelah Natal dan Tahun Baru setidaknya bisa pindah. Tapi ini kan harapan saya," pungkasnya.

Editor: Yudha