Musim Penghujan, Sejumlah Ruas Jalan di Batuaji Rawan Banjir
Oleh : Hendra
Jum\'at | 18-10-2019 | 10:04 WIB
banjir-batuaji3.jpg
Salah satu titik banjir di daerah Batuaji saat musih hujan. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam beberapa hari terakhir, hampir di seluruh penjuru Kota Batam diguyur hujan. Hal ini merupakan berkah, mengingat stok air baku di Batam sudah menipis, sebagaimana disampaikan pihak ATB, pengelola air bersih di Batam, dalam berbagai kesempatan.

Di lain sisi, guyuran hujan ini juga banyak dikeluhkan warga, tatkala sejumlah ruas jalan tergenang banjir. Di wilayah Kecamatan Batuaji, misalnya, hujan baru beberapa menit saja, seketika itu juga sejumlah ruas jalan tergenang banjir.

Hal ini disebabkan drainase yang ada tidak berfungsi maksimal. Bahkan jika hujan agak lama, jalan raya tampak bak drainase karena seluruh badan jalan jadi wadah air mengalir mencari arahnya sendiri.

Seperti hujan pada Kamis (17/10/2019) pagi kemarin, beberapa titik jalan raya tergenang banjir, seperti Jalan Bridjen Katamso, Tanjunguncang dan kawasan sekitar Aviari.

"Hujan sebentar genangan air sudah meluap dari drainase. Tersumbat dan drainase terlalu kecil," terang Saprizal, seorang tukang ojek di kawasan Aviari.

Tak hanya itu, di tempat lain juga terpantau terdapat beberapa titik rawan banjir. Seperti area kantor Kelurahan Tanjunguncang dan jalan raya persis depan kawasan PT Hyundai, yakni di pelintasan air yang baru dibangun beberapa waktu lalu.

Untuk kawasan depan kantor Kelurahan Tanjunguncang, air bahkan mencapai bagian atas tumit orang dewasa. Situasi ini sudah tentu mengganggu arus lalu lintas kendaraan.

Lebih parahnya di ruas sisi jalan depan PT Hyundai, tepatnya sebelah kiri jika kita dari arah simpang lampu merah Polsek Batuaji. Wilayah yang belum lama ini telah dibangun pelintasan air oleh Kementrian PUPR melalui Dinas Binamarga dan Sumberdaya Air ini malah kembali digenangi air.

Niat awalnya yang ingin alur air berjalan lancar agar tidak terjadi banjir, namun malah kembali tersumbat. "Masih banyak daerah rawan banjir di Batuaji bang, kayak yang terjadi di depan Plaza Aviari kemarin," ujar Andika, salah seorang warga.

Editor: Gokli