Besok, Menko Perekonomian Lantik Wali Kota Batam Jadi Ex-Officio Kepala BP Batam
Oleh : Nando Sirait
Kamis | 26-09-2019 | 15:04 WIB
Darmin-Nasution3.jpg
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Teka-teki keberangkatan Walikota Batam Muhammad Rudi ke Jakarta, Kamis (26/09/2019) pagi tadi, mulai terjawab. Kabarnya, Rudi akan dilantik sebagai Ex-officio Kepala Badan Pengusahan (BP) Batam oleh Menteri Perekonomian. Ini akan mengakhiri polemik sejak beberapa waktu lalu.

Ihwal pelantikan Walikota Batam sebagai Kepala BP Batam secara ex-officio disampaikan Sekretaris Kementerian Perekonomian, Susiwijono Moegiarso, melalui pesan Whatsapp, Kamis (26/9/2019). Pelantikan Kepala BP Batam ex-officio, kata Moegiarso, direncanakan besok, Jumat (27/9/2019).

Pelantikan direncanakan akan dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang juga Ketua Dewan Kawasan (DK). Pelantikan juga diwacanakan akan dilangsungkan di gedung Kemenko, Jakarta.

"Iya mas, Insya Allah akan dilantik di Jakarta. Yang akan melantik nanti Pak Menko selaku Ketua Dewan Kawasan," tuturnya singkat.

Sebelumnya, paska penandatanganan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Perubahan dari Peraturan pemerintah (PP) 46 tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam, oleh Presiden Joko Widodo.

Wacana melantik Muhammad Rudi mulai menguat, hingga mendapat respon dari berbagai kalangan. Bahkan sejak, Senin (23/9/2019) kemarin Muhammad Rudi kerap berangkat menuju ibukota, Jakarta.

Bahkan Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad saat ditanyakan mengenai ketidakhadiran orang nomor satu di lingkungan Pemko Batam, saat kegiatan yang berlangsung di Vista Hotel.

Namun ia menegaskan, tidak mengetahui pasti agenda kerjanya. Lantaran saat ini memang ada beberapa agenda kerja di Jakarta.

"Iya beliau ke Jakarta, namun sepertinya tidak membahas itu (Ex-Officio). Mungkin ada yang dikoordinasikan dengan Menko. Karena ada banyak agenda di sana," ujarnya.

Editor: Yudha