Silaturahmi Warga Lewat Perlombaan

Meriahkan HUT RI ke-74, Warga RW 15 Pesona Mantang Bengkong Gelar Pesta Rakyat
Oleh : Romi Chandra
Sabtu | 17-08-2019 | 11:04 WIB
romi-1.jpg
Salah satu perlombaan yang digelar Warga Pesona Mantang, Bengkong lingkup RW15 dalam memeriahkan HUT RI ke-74. (Foto: Romi Chandra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada Sabtu, 17 Agustus 2019, diperingati di seluruh Indonesia. Seperti biasa, beragam pesta rakyat dilakukan sebagai wujud rasa syukur telah bebas dari penjajahan.

Seperti yang dilakukan di RT01, 02, 03, dan 04 lingkup RW 15 Pesona Mantang, Tanjungbuntung, Kecamatan Bengkong, Batam, Sabtu (17/8/2019). Beragam rangkaian kegiatan pesta rakyat diselenggakan, mulai dari perlombaan untuk anak-anak, hingga perlombaan untuk ibu-ibu serta kegiatan lainnya.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk kebersamaan serta menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan meski berbeda suku, ras, dan agama.

Ketua RW15 Pesona Mantang, Refnil Efendi, saat menyaksikan perlombaan yang diselenggarakan warga RT01 dengan RT02, mengatakan, kegiatan ini rutin diselenggaran setiap tahunnya.

"Kita selalu berpartisipasi memeriahkan HUT Kemerdekaan RI dengan beragam kegiatan bersifat pesta rakyat," ujarnya, didampingi Ketua RT01, Wertanto Caniago, dan Ketua RT 02, Yalik Iswahyudi, serta tokoh masyarakat Pesona Mantang, Eka Basuki.

Tujuan kegiatan ini, lanjutnya, juga untuk semakin mempererat tali silaturahmi sesama warga Perumahan Pesona Mantang. "Kita mengetahui, setiap harinya warga disibukkan dengan kegiatan masing-masing, sehingga jarang bisa berkumpul. Nah, Hari Kemerdekaan ini menjadi satu momen agar bisa sama-sama berjumpa dan mempererat tali silaturahmi, serta saling mengenal antara satu warga dengan warga lainnya," jelasnya.

Dilanjutkan, di RW15, terdapat tiga lokasi kegiatan. Warga RT01 bergabung melakukan kegiatan dengan RT02. Sedangkan RT03 dan RT04 melakukan kegiatan sendiri-sendiri.

"RT01 dengan RT02 mengadakan di satu lokasi, yakni perlombaan untuk anak-anak dan juga ada acara untuk ibu-ibu, seperti senam sehat. Sedangkan RT03 juga melakukan agenda yang sama. Sementara RT04 menggelar upacara serta jalan santai," paparnya.

Sementara Ketua RT02, Yalik Iswahyudi menerangkan, kegiatan yang dilakukan dimulai dari senam sehat pagi hari untuk ibu-ibu. Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan untuk anak-anak, seperti makan kerupuk, pacu karung, dan memasukkan paku ke dalam botol.

"Perlombaan ini ada tingkatannya, untuk anak balita, dan anak-anak yang sudah duduk di bangku sekolah dasar serta dibedakan antara jenis kelaminnya. Sore nanti dijadwalkan perlombaan untuk ibu-ibu, seperti lomba lari membawa tepung pakai piring estafet, lomba rebut kursi, lomba membawa air mineral kemasan gelas di kepala," ulasnya.

Hal senada juga diutarakan salah satu tokoh masyarakat, Eka Basuki. Ia berharap kegiatan ini bisa dilakukan setiap tahunnya sebagai wujud kecintaan dan bersyukur menjadi negara yang merdeka.

Selain itu, diharapkan silaturahmi antara warga tetap terjalin tidak hanya saat kegiatan dilakukan, namun juga dalam kesehariannya.

"Mari kita selalu menjaga kekompakan sesama warga Pesona Mantang. Tidak hanya saat kegiatan seperti ini, tetapi juga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari," pungkasnya.

Editor: Gokli