Tim Terpadu Gusur Puluhan Kios Liar di Area Jembatan I Barelang
Oleh : Hendra Mahyudi
Selasa | 30-07-2019 | 17:28 WIB
penertiban-kios-liar1.jpg

BATAMTODAY.COM, Batam - Tim Terpadu Kota Batam menggusur puluhan kios liar yang berada di Jembatan I Tengku Fisabilillah Barelang, Senin (29/7/2019).

Kios-kios yang berada di bahu jalan dekat kawasan Jembatan I ini keberadaannya dinilai cukup mengganggu estetika dan daya tarik wisatawan.

Pantauan BATAMTODAY.COM di lokasi, penertiban berlangsung lancar dan aman. Meski perasaan kecewa para pedagang terhadap pihak ketiga.

"Di sini kami bayar uang kebersihan, juga dari Dinas Pariwisata pernah izinkan kami jualan, diperbolehkan sementara berjualan dengan payung. Kami disini hanya mencari rezeki demi menyambung hidup," terang Desma, yang telah berjualan puluhan tahun.

Kendati begitu, pedagang yang telah lama berjualan di sana menilai Pemerintah Kota Batam tidak memikirkan nasib mereka ke depannya, sebab belum jelasnya relokasi lahan kios mereka.

"Sebenarnya dari Dinas Pariwisata telah berunding dan sudah pernah didata, tapi tumpang tindih dari pihak ketiga belum ada kesepakatan, untuk dialihkan ke area bawah," ujar Sandi Imam, seorang pemilik Kios Jembatan I Barelang.

Sementara itu Rajab, tokoh masyarakat Kelurahan Setokok mengatakan proses penertiban berlangsung aman. Sebelumnya Ia katakan, warga sudah mendapat surat peringatan juga.

"Warga semua sudah paham, jadi penertiban berlangsung cepat dan tidak ada gangguan," jelas Rajab.

Selaku tokoh masyarakat, Rajab mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah dalam menata kawasan Jembatan 1 Barelang yang menjadi ikon pariwisata Kota Batam dan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

"Pedagang berharap pemerintah segera menempatkan mereka di lokasi yang sebelumnya sudah dijanjikan. Semoga ini cepat bisa teratasi," pungkasnya.

Editor: Yudha