Dinsos Evaluasi Pelaksanaan Verifikasi dan Validasi Penduduk Miskin di Kepri
Oleh : Redaksi
Selasa | 30-07-2019 | 10:28 WIB
evaluasi-data-miskin-kepri.jpg
Kepala Dinas Sosial Kepri, Doli Boniara saat membuka rapat evaluasi pelaksaan verifikasi dan validasi penduduk miskin di Hotel Golden View, Batam. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Kepri menggelar rapat evaluasi pelaksanaan verifikasi dan validasi data penanganan fakir miskin dan orang tidak mampu pada Rabu-Jumat (23-25/7/2019) di Hotel Golden View, Batam.

Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi pelaksanaan verifikasi dan validasi data kemiskinan yang tertuang di dalam basis data terpadu (BDT) se-Provinsi Kepri. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri, Doli Boniara pada kegiatan yang diikuti sebanyak 47 orang peserta dari masing-masing Dinas Sosial kabupaten/kota se-Kepri, terdiri dari para Kepala Dinas Sosial, Perencana Program serta petugas operator data.

"Kita harap melalui Verifikasi dan validasi data ini sangat penting sebagai syarat bagi masyarakat agar bisa menerima bantuan sosial dari program APBN pusat, seperti program keluarga harapan (PKH) beras sejahtera dan lainnya," papar Doli, seperti dikutip situs resmi Diskominfo Kepri.

Menurut Doli, banyak strategi penanganan fakir miskin melalui basis data terpadu, di mana Provinsi Kepri adalah provinsi pertama yang telah menerapkan sistem aplikasi data yang diberinama Sikopi (Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Provinsi Kepri).

"Dengan rapat evaluasi data ini diharapkan penanganan penanggulangan kemiskinan di Provinsi Kepulauan Riau ke depannya semakin baik, sehingga angka kemiskinan bisa berkurang," imbuhnya.

Editor: Gokli