Limbah Medis Berserakan di Kawasan Perumahan Permata Hijau Batuaji
Oleh : Hendra
Minggu | 28-07-2019 | 16:04 WIB
limbah_medis_batuaji.jpg
Limbah medis ditemukan berserakan di Perumahan Permata Hijau, Batuaji (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Limbah medis dari beragam jenis dibuang begitu saja di kawasan komplek perumahan Permata Hijau, Kelurahan Bukit Tempayan, Kecamatan Batuaji.

Terlihat di lokasi, Minggu (28/7/2019), limbah medis itu dibuang begitu saja di pinggir jalan dekat lahan kosong dekat komplek perumahan tersebut..

Beberapa jarum suntik hemodialisa juga terlihat dibuang begitu saja. Tak hanya itu, jarum infus dan beberapa botol obat, seperti paracetamol dan lainnya, juga terlihat berserakan.

Warga khawatir pembuangan limbah medis secara sembarangan ini bisa menimbulkan dampak buruk terhadap lingkungan.

Seorang warga, Bacuk, menjelaskan, seharusnya pembuangan limbah medis dikelola dengan cara yang benar, tidak boleh sembarangan karena cenderung mengandung bahan berbahaya dan beracun (B3). Apalagi, anak-anak banyak yang bermain di lokasi lahan tersebut.

"Kalau tak cepat ditangani, dikhawatirkan anak-anak bisa main ke sana dan mengambil jarum itu untuk mainan," ujar Bacuk.

Dia pun meminta ketegasan dari Dinas Kesehatan Batam terkait pengelolaan limbah rumah sakit. Seharusnya setiap rumah sakit atau klinik kesehatan tak membuang limbah sembarangan.

"Ini sudah jelas ada oknum yang sengaja buang ke sini dan kenapa mesti dibuang di pinggir jalan," kesalnya.

Editor: Surya