Hari Donor Darah se-Dunia

Isdianto dan Rudi Kampanyekan Donor Darah sebagai Kebiasaan
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 22-07-2019 | 10:28 WIB
donor-1.jpg
Plt Gubernur Kepri, H Isdianto didampingi Wali Kota Batam, M Rudi melepas peserta jalan sehat peringatan Hari Donor Darah se-Dunia di Lapangan Parkir Kepri Mall, Minggu (21/7/2019).

BATAMTODAY.COM, Batam - Plt Gubernur Kepri H. Isdianto bersama Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengikuti gerak jalan sehat dalam rangka peringatan Hari Donor Darah se-Dunia dan Hari Anak Nasional Tahun 2019 di Lapangan Parkir Kepri Mall Batam, Ahad (21/7/2019) pagi.

Isdianto dan M Rudi pun mengajak suruh masyarakat agar rutin melakukan donor darah. Aktivitas donor darah, kata Isdianto, merupakan kegiatan kemanusiaan yang mulia. Setetes darah memberi banyak arti untuk menyelamatkan sesama.

"Donor darah ini kegiatan terpuji. Lakukanlah dengan rutin sebagai kebiasaan yang baik dan menyehatkan," ujarnya.

Pada kesempatan itu Isdianto juga memaparkan program pemerintah untuk membangun delapan sekolah baru. Sekolah-sekolah baru ini diharapkan mampu menampung lulusan SMP di Kepri.

Karena, kata Isdianto, pihaknyaa tak ingin ada anak-anak tidak sekolah karena keterbatasan sekolah. Selagi usia sekolah, mereka harus mengenyam pendidikan.

"Semua anak usia sekolah, harus bisa tertampung. Karena itu, saya berkali-kali meminta Dinas Pendidikan untuk menyesaikan permasalahan ini," janji Isdianto.

Wali Kota Batam, H Muhammad Rudi berharap agar Pemprov bersama-sama mengatasi permasalahan penerimaan siswa baru, khususnya untuk tingkat SMA/SMK.

Karena, kata Rudi, sejak diambil alih provinsi, harusnya semua persoalan di bawah Pemerintah Provinsi. Tetapi karena lokasi di Batam dan juga banyaknya warga yang mengadu ke dirinya, maka tak salah kalau dia teruskan masalah ini ke Plt Gubenur.

"Insya Allah bersama Plt Gubernur kita siap selesaikan semua," kata Rudi meyakinkan.

Sementara itu, Ketua Umum PMI Kota Batam, Sri Sudarsono menjelaskan, kalau peringatan hari donor darah se-dunia kali ini diisi dengan berbagai kegiatan. Mulai dari lomba cerdas cermat yang diikuti para pelajar, pameran foto kegitan-kegiata PMI.

"Puncaknya hari ini kita laksanakan lomba jalan sehat. Adapun peringatan yang kali ini dibarengkan dengan peringatan hari anak nasional, hal itu untuk memberikan pemahaman dan pengajaran kepada anak-anak khususnya para pelajar, akan pentingnya melakukan donor darah," ujarnya.

Donor darah, lanjut Sri Sudarsono, begitu penting untuk membantu sesama, hingga kebutuhan darah bagi yang mereka yang memerlukan, bisa terpenuhi. (*)