Sambut Hari Bhakti Adyaksa ke-59, Kejari Batam Lakukan Giat Donor Darah
Oleh : Putra
Kamis | 18-07-2019 | 13:52 WIB
donor_darah_adyaksa.jpg
Kegiatan donor darah yang dilakukan Kejaksaan Negeri Batam menyambut Hari Bhakti Adyaksa ke-59 (Foto: Putra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adyaksa ke-59, Kejaksaan Negeri (Kejari) Batam menggelar kegiatan donor darah di aula kantor Kejaksaan Negeri Batam.

Ketua Panitia kegiatan Hari Bhakti Adhyaksa yang juga Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Batam, Fauzi kepada Batamtoday.com, Kamis (18/7/2019) mengatakan, dalam rangka menyambut Hari Bhakti Adyaksa Kejari Batam, pihaknya menyelenggarakan serangkaian kegiatan seperti donor darah yang melibatkan para pegawai Kejari Batam dan ASN di lingkup Pemkot Batam.

"Kegiatan itu dilakukan sebagai bentuk partisipasi Kejari Batam untuk membantu masyarakat. Hal ini karena selama ini masyarakat kerap mengalami kekurangan darah disaat yang sangat mendesak dalam membutuhkan pertolongan darah ketika sakit di rumah sakit," kata Fauzi.

Lanjut Fauzi, kenyataan yang terjadi selama ini ketika masyarakat membutuhkan darah dan sangat sulit untuk mereka mendapatkan orang untuk mendonorkan darahnya sehingga pihaknya bekerjasama dengan pihak Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Batam untuk melakukan aksi donor darah ini.

Aksi kemanusiaan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk partisipasi dan kepedulian Kejari Batam terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang disalurkan melalui PMI cabang Batam.

Dirinya berharap dengan sumbangan darah yang diberikan oleh para peserta donor, setidaknya bisa membantu mereka yang membutuhkan darah terutama pada saat-saat kritis di rumah sakit.

"Artinya dengan setetes darah setidaknya telah menyelematkan nyawa sesama manusia. Bahkan lebih dari itu, donor darah juga bisa menyehatkan bagi yang memberikan donor," ujarnya.

Kegiatan rutin tahunan ini nantinya akan dilanjutkan dengan kegiatan Anjangsana dengan cara mendatangi rumah pensiunan Kejari Batam. Ini sebagai sebagai bentuk sambungan tali asih Kejari Batam.

Dirinya menjelaskan, sebagai institusi penegak hukum tentu tidak semata-mata hanya berbicara soal hukum namun juga melakukan kegiatan sosial seperti donor darah.

"Dan puncaknya akan berlangsung pada, Senin (22/7/2019) dengan agenda upacara di Kejari Batam," tutupnya.

Dalam kegiatan kemanusian ini, setidaknya 41 orang dari Kejari Batam, Pengadilan Negeri Batam, Polsek Batam Kota, dan Pemkot Batam turut mendonorkan darahnya dalam kegiatan donor darah Kejari Batam.

Editor: Surya