Libur Lebaran, Banyak Sampah Berserakan di Kawasan Wisata Jembatan I Barelang
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 07-06-2019 | 17:16 WIB
sampah-barelang1.jpg
Sampah berserakan di jembatan I Barelang. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Memasuki hari ke-3 lebaran Idul Fitri, banyak warga Batam yang berlibur di kawasan wisata Jembatan Barelang, Jumat (7/6/2019).

Namun hal ini berbanding terbalik dengan kebersihan di sekitar area jembatan. Pantauan BATAMTODAY.COM di jembatan I Barelang, sampah banyak bertaburan di kiri kanan jembatan, dari sampah plastik bekas makanan bahkan sisa-sisa makanan.

Nanda Satria, seorang wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke jembatan Barelang menyayangkan hal ini. Ketidak sadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan kawasan wisata menurutnya akan menimbulkan stigma negatif akan pengelolaan tempat wisata tersebut.

"Iya nih mas, saya pertama kali ke sini dan kotor banget ya. Banyak sampah dibuang begitu saja," ujarnya.

Saat pewarta di lokasi, memang sampah banyak berserakan begitu saja meski pihak pengelola telah menyediakan beberapa tempat sampah di kiri kanan jembatan, namun ketidaksadaran akan nilai kebersihan masih mendarah daging di kota ini.

"Semoga ini segera dibersihkan, sayang mas jembatan seindah ini dibiarkan kotor begitu saja," lanjut Nanda.

Tak hanya sampah yang bertebaran di mana-mana, di lokasi jembatan juga terpantau pengunjung yang masih suka parkir sembarangan di area jalan, kendati telah ada papan peringatan di larang parkir di sepanjang area jembatan.

Editor: Yudha