Minta Sarana Pelabuhan dan Bandara Ditingkatkan

Nurdin Laporkan Karut-marut Pelabuhan SBP Tanjungpinang ke Menhub
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 27-05-2019 | 10:16 WIB
din-budi1.jpg
Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun bersama Menteri Budi Karya Sumardi di Bandara Hang Nadim Batam. (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengajukan peningkatan sarana dan prasarana pelabuhan dan bandara di sejumlah daerah di wilayah Provinsi Kepri.

Selain meminta peningkatan sarana dan prasaran, Gubernur Kepri ini juga menyampaikan kondisi karut-marut Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang kepada Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, ketika sidak dan melakukan peninjuan kondisi dan situasi arus mudik di Pelabuhan Batuampar, Batam, Sabtu (25/5/2019).

Selain memaparkan program pembangunan sektor perhubungan di Kepri, pada kesempatan itu, Nurdin juga meminta dukungan fasilitas sarana prasaran perhubungan di beberapa Kawasan ekonomi khusus di Provinsi Kepri.

"Kita minta agar beberapa pelabuhan di ibukota kabupaten diperbesar lagi. Ini untuk kebutuhan yang makin besar ke depannya," kata Nurdin, usai mendampingi Menteri Budi Karya di Bandara Hang Nadim, Batam, Sabtu (25/5/2019).

Saat sidak di Pelabuhan Batuampar, Menteri dan Gubernur juga berbincang-bincang dengan sejumlah penumpang di pelabuhan tersebut, terkait berbagai kendala yang dihadapi warga saat keberangkatan.

Memang, kata Nurdin, banyak penumpang yang menginginkan keberangkatan kembali ke Pelabuhan Beton di Sekupang. Bukan di Batuampar lagi. Masalah ruang tunggu juga menjadi keluhan penumpang yang jaraknya terlalu jauh.

"Banyak masukan dari penumpang yang ditampung Pak Menteri. Terutama soal kenyamanan antara Sekupang dan Batuampar. Pak Menteri minta ini dikaji kembali," kata Nurdin.

Usai dari Batuampar, Nurdin yang dalam perjalanan duduk bersama Menteri Budi, memang menyampaikan banyak hal. Tentang pembangunan jembatan dan beberapa ruas pelabuhan, juga didiskusikan Nurdin bersama Menhub Budi.

Menurut Nurdin, Menhub, berjanji akan mendukung agar pembangunan itu semakin cepat. Apalagi dalam banyak kesempatan, Nurdin termasuk yang selalu bertemu Menhub di Jakarta. Walaupun Nurdin main terobos dan tanpa janji terlebih dahulu.

Di antara yang disebutkan Nurdin kepada Menteri Budi adalah halaman parkir Pelabuhan Tanjungpinang, Pelabuhan Bongkar Muat di Tanjungbalai, Natuna, Anambas dan Lingga. Juga Bandara Seibati Karimun.

Pada kesempatan itu, Menteri langsung menelepon Dirjen terkait. Menurut Nurdin, Dirjen diminta menurunkan tim untuk mengkaji beberapa pelabuhan dan Bandara yang disampaikannya.

"Kita berharap tim mereka turun setelah lebaran. Lebih cepat lebih baik," kata Nurdin.

Editor: Gokli