Selamat Setelah Terombang-ambing di Laut, TKI Asal Aceh Dipulangkan ke Kampung Halaman
Oleh : Hendra Mahyudi
Jumat | 10-05-2019 | 09:28 WIB
TKI-Aceh.jpg
Haji Usma (Memakai Batik). (Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Peristiswa naas yang mendera tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Nanggroe Aceh Darussalam mendapat perhatian khusus dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Provinsi Aceh, Haji Sulaiman, atau yang lebih dikenal dengan Haji Uma.

Saat mendengar kabar tak sedap tersebut, sosok komedian Aceh yang juga dianggap sebagai 'Bapak TKI Aceh di Malaysia' ini langsung memesan tiket dari Jakarta menuju Batam pukul 16.00 WIB, Kamis (09/05/2019) sore hari, untuk meninjau warganya yang menjadi korban setelah 2 hari 2 malam terombang-ambing di lautan.

Kepada BATAMTODAY.COM, Haji Uma mengatakan sangat bersimpati atas kejadian yang dialami para TKI tersebut. Sehingga, dia memilih langsung terbang ke Batam demi memastikan keberadaan mereka. Pada hari ini telah berada di ruangan Pos Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (P4TKI) Batam.

Baginya, kehadirinnya di Batam lebih kepada memberikan perhatian dan memastikan tidak ada kendala-kendala yang dialami TKI asal Aceh yang sempat terdampar tersebut, dan agar mereka segera dipulangkan ke kampung halaman bertemu sanak-keluarga.

"Di sini (Batam) saya melakukan koordinasi dengan P4TKI dan BP3TKI serta warga Aceh yang terdampar dan di tempatkan di sini (P4TKI). Saya ingin memastikan bagaimana keadaannya dan juga memastikan benar, apakah ini telah bisa dipulangkan atau tidak," ujarnya, saat diwawancara BATAMTODAY.COM, di halaman depan P4TKI, Jl. Imperium Superblok No. 33, Taman Baloi, Batam Kota.

Dia mengatakan, sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku, memang sudah seyogyanya BP3TKI di dalamnya badan pelaksana P4TKI ini wajib memulangkan warga Indonesia yang terdampar.

"Dan ini InsyaAllah sudah kita koordinasikan dan menjumpai langsung pihak terkait, dan kita secara pribadi juga telah memberikan bekal kepada mereka (TKI), karena mereka sudah tidak memiliki apa-apa lagi untuk di bawa pulang. Hal ini bagi saya adalah sangat penting," lanjutnya.

Saat di Batam, Haji Uma juga berkoordinasi dengan BP3TKI Provinsi Aceh memastikan hal ini berjalan lancar, agar nantinya saat kepulangan para TKI, pihak BP3TKI Provinsi Aceh bisa menjemput TKI tersebut sesampainya di Aceh.

"Menurut P4TKI, InsyaAllah Jumat ini akan diadakan agenda pemulangan TKI yang terdampar tersebut. Kita akan carikan tiket ke Banda Aceh atau Kuala Namu. Karena yang terdekat itu kalau tidak ada jalur langsung ke Banda Aceh, maka alternatif lainnya yang tercepat adalah Kuala Namu, Sumatera Utara," pungkasnya.

Editor: Chandra