Animo Masyarakat Tinggi, Tiket Mudik Gratis BUMN Batam Laris Manis
Oleh : Hendra Mahyudi
Kamis | 09-05-2019 | 14:40 WIB
dwi-mudik-gratis1.jpg
Dwi Purwanto, Ketua Satgas Mudik Gratis Kantor Pos Batam. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Mudik lebaran merupakan hal yang sangat dinanti bagi warga perantauan. Bertahun-tahun mencari rejeki di negeri orang, dan saat lebaran adalah waktunya pulang ke kampung halaman dan bertemu dengan keluarga.

Menilik budaya mudik inilah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akhirnya membuka tiket mudik gratis dengan tema BUMN Berbakti Kepada Negeri. Program ini merupakan kerjasama antar semua instansi BUMN dengan ketua panitia dari PT Jasa Raharja.

"Terkait dengan program mudik gratis yang diseenggarakan oleh PT POS Indonesia, itu merupakan program kementrian BUMN berbakti kepada negeri. Untuk tahun 2019 ini, kegiatan mudik gratis BUMN yang bertindak sbagai ketua panitianya dari PT Jasa Raharja," ujar Dwi Purwanto, Ketua Satgas Mudik Gratis Kantor Pos Batam, Rabu (8/5/2018) kemarin.

Adapun rute mudik gratis yakni dari Batam ke Belawan. Seremonial keberangkatannya pada tanggal 29 Mei menggunakan KM Kelud yang difasilitasi PT Pelni.

"Keberangkatannya tanggal 29 Mei, dengan rute Batam - Belawan menggunakan KM Kelud," lanjutnya.

Dwi mengatakan, kurang dari tiga hari pendaftaran dibuka dan juga launching via media sosial dengan kuota sebanyak 600 tiket gratis langsung habis.

"Pendaftaran 26 April, Alhamdulillah ketika pendaftaran launchuning ke medsos, saat dibuka sekitar 3 hari kuota 600 kita sudah penuh. Animo masyarakat Batam yang ingin mudik itu juga cukup banyak. Ditambah lagi dengan registrasi via online. Kami ikut bahagia menyukseskan program mudik gratis ini," ungkapnya.

Ia melanjutkan, untuk syarat tiket gratis yang difasilitasi oleh PT Pos sendiri hanya ada penambahan resi penggunaan produk Pos Indonesia, serta syarat umumnya sama seperti BUMN lainnya yakni fotocopy KTP dan KK.

"Resi selama tahun 2019 mulai dari Januari hingga Mei, itu bisa menggunakan resi pembayaran listrik, air atau pengiriman uang, dokumen, paket dan wesel pos lampirkan aja satu resi," jelasnya.

Dwi menambahkan, nantinya keberangakatan dari instansi BUMN seperti Askrindo, Jamkrindo, Pos dan Jasa Raharja akan berangkat pada tanggal 29 Mei, dengan persiapan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh PT. Jasa Raharja.

"InsyaAllah kita telah koordinasi dengan PT Jasa Raharja. Nanti seremonialnya di pelabuhan Batuampar peserta akan kita berikan topi, handuk, t-shirt, sama godiebag yang berisi makanan untuk berbuka puasa," terangnya.

Ia juga mengatakan, untuk sementara itu tiket gratis dari instansi BUMN lainnya, seperti Pegadaian, Jasindo, Jiwasraya keberangkatan akan lebih cepat yakni tanggal 27 Mei.

Editor: Yudha