Rekapitulasi Berjalan Lamban

KPU dan Bawaslu Batam Setuju Buka 10 Panel di PPK Sagulung
Oleh : Hendra
Rabu | 08-05-2019 | 10:16 WIB
kpu-bawaslu-btm.jpg
Komisioner Bawaslu dan KPU Batam berdiskusi mencari solusi percepatan rekapitulasi di PPK Sagulung. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pleno rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat KPU Kabupaten/Kota dijadwalkan rampung pada 9 Mei 2019. Namun, di Batam, masih ada PPK yang belum selesai pleno, seperti Sagulung, sehingga perlu ada penambahan panel.

opialdi Tanjung, Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Batam, Divisi Pengawasan dan Sosialisasi berharap KPU Batam mengoptimalkan sebaik mungkin sisa waktu yang ada sebelum tanggal 09 Mei, untuk mencari solusi bagi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) agar rekapitulasi suara segera selesai dan tidak lamban seperti sebelumnya.

"Kita minta KPU saat ke lapangan beri solusinya bagi yang belum kelar, bukan hanya sekadar monitoring," ujar Nopialdi, Selasa (07/05/2019) kemarin.

Nopialdi mengatakan, dikarenakan tidak adanya kesiapan untuk kelanjutan pleno Selasa pagi ini, untuk sementara waktu pleno tingkat kota di KPU Batam diskors kembali. "Dikarenakan belum siapnya 6 kecamatan yang sisa, yang masih belum menyelesaikan rekapitulasi ditingkat kecamatan," jelasnya.

Sementara itu, perihal kelanjutan rapat pleno terbuka itu, pewarta masih belum mengetahui dan mendapat konfirmasi resmi kapan kejelasan lanjutan rapat pleno terbuka tersebut kembali diadakan.

Sementara lanjutan dari keterlambatan rekapitulasi suara tingkat Kecamatan Sagulung, Bawaslu minta untuk rekapitukasi adanya penambahan panelis yangmana Nopialdi meminta dibukakan 10 panel agar pengerjaannya optimal dan juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana selama rekapitulasi.

"Jadi hari ini merupakan ambang batas terakhir penghitungan dan jika tidak selesai maka sudah tentu ada pelanggaran administrasi yang mereka lakukan. Makanya kita minta dibukakan 10 panel agar ini berjalan optimal," pungkasnya.

Sementara itu, Mulyadi Evendi, Komisioner KPU Batam, Divisi Hukum mengatakan, bahwa pihaknya dan Bawaslu telah sepakat untuk penambahan 5 panel lagi, sehingga agar lebih optimal dan tota menjadi 10 panel.

"Kita akan adakan penambahan 5 panel lagi, jadi total semuanya 10 panel. Hitungan kita dengan 10 panel ini semoga bisa selesai dengan cepat. Karena masih ada sekitar 235 TPS lagi dari 5 kelurahan yang belum selesai direkap," tutupnya.

Editor: Gokli