Cuaca Tak Menentu, Pelayaran di Pelabuhan Punggur Berjalan Normal
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Sabtu | 27-04-2019 | 16:28 WIB
roro-punggur1.jpg
ASDP Pelabuhan Telaga Punggur, Batam. (Foto: Dok Batamtoday.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kepulauan Riau (Kepri) khususnya Kota Batam yang belakangan ini diguyur hujan tidak membuat aktifitas pelayaran di Pelabuhan Punggur terganggu.

Kepala Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Telagapunggur, Komarudin mengatakan, cuaca tidak menentu di wilayah Kepri khususnya Kota Batam yang belakangan ini sering diguyur hujan tidak mengganggu pelayaran di Pelabuhan Telaga Punggur.

"Kita ini (Kepri) masuk sebagai wilayah Non Zona Musim, jadi hujannya kadang memang tidak menentu, seharusnya musim hujan baru datang pada bulan enam nanti, tapi sekarang sudah hujan. Namun hal tersebut tidak menghambat aktifitas pelayaran," kata Komarudin saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Sabtu (27/4/2019).

Lanjut Komar, sampai dengan hari ini, aktifitas pelayaran masih terpantau berjalan lancar dan untuk jarak pandang masih tergolong aman. Pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan pelabuhan Tanjungpinang, Bintan, dan Dabo Lingga terkait permasalaan cuaca ini.

"Jadi laporan atau koordinasi yang kita lakukan juga masih aman untuk berlayar," ujarnya.

Menanggapi situasi cuaca yang selalu berubah-ubah, Komar menghimbau kepada seluruh kapten kapal agar terus berhati-hati dalam berlayar, hal tersebut untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Langkahnya bisa berlabuh di pelabuhan atau pulau terdekat dulu apabila cuaca tiba-tiba memburuk. Tapi kalau baru jalan, bisa pulang kembali, tujuannya untuk keselematan penumpang dan seluruh kru kapal," tutupnya.

Editor: Yudha