Bawaslu Batam Khawatir Wacana Dapur Umum di TPS Ganggu Kelancaran Pemilu
Oleh : Nando Sirait
Jum\'at | 12-04-2019 | 11:52 WIB
bawaslu-batam.jpg
Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza. (Dok Batamtoda.com)

BATAMTODAY.COM, Batam - Pelaksanaan Pesta Demokrasi yang akan dilaksanakan pada Kamis (17/04/2019) mendatang, masih menyisakan beberapa polemik yang saat ini mendapat perhatian dari pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam.

Salah satunya ialah pengadaan dapur umum di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya.

Ketua Bawaslu Kota Batam, Syailendra Reza, mengkhawatirkan adanya dapur umum dapat dimanfaatkan menjadi salah satu ajang politik uang. Bahkan, wacana ini diduga menimbulkan gejolak apabila tidak diperhatikan.

"Jika dapur umum dari dana yang sudah disiapkan untuk panitia tak masalah, tapi kita khawatir dimanfaatkan oknum tertentu," ujarnya, Jumat (12/4/2019).

Diakuinya, dapur umum di setiap TPS juga bisa menjadi hal yang bisa mengganggu kelancaran proses pemilu serentak di 2019 ini. Meskipun demikian, jika nantinya tetap ada TPS yang menghadirkan dapur umum, pihaknya mengharapkan harus benar-benar memperhatikan aturan yang ada, sehingga tidak menimbulkan masalah baru.

Berdasarkan pengalaman yang pernah ia alami, menghadirkan konsumsi untuk petugas di lokasi ini, tidak harus dengan hadirnya dapur umum.

Biaya konsumsi tersebut cukup diamanahkan kepada orang lain untuk memasak keperluan makan bagi para petugas yang ada di tiap TPS. "Jika ingin lebih mudah, bisa langsung dengan membeli makanan yang sudah tersedia," pungkasnnya.

Editor: Chandra