Tingkat Pemohon KTP-el Baru Membludak di Sagulung
Oleh : Hendra Mahyudi
Jum\'at | 15-03-2019 | 09:40 WIB
SEKCAM.gif
Sekretaris Camat Sagulung, Hardianus. (Foto: Hendra).

BATAMTODAY.COM, Batam - Permohonan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) baru setiap hari masih tinggi di Kecamatan Sagulung. Bahkan dalam sehari, bisa mencapai 50 berkas yang masuk.

Sekretaris Camat Sagulung, Hardianus mengatakan, jumlah permintaan ini tidak seimbang dengan jumlah blanko yang diterima pihaknya dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Sehingga, makin hari makin terjadi penumpukan berkas pengajuan KTP-el.

Sejauh ini total berkas pengurusan KTP-el yang menumpuk menurutnya ada sekitar 3.000 berkas. Semua itu belum bisa ditargetkan kapan selesai cetaknya, sebab jatah blanko yang diterima hanya sekitar 500 keping setiap ada pengajuan.

"500 keping itu paling seminggu bertahan. Setelah itu menumpuk lagi, karena rata-rata ada 50 berkas yang masuk setiap harinya," ujarnya, Kamis (14/03/2019) siang kemarin.

Ia juga mengakui, jumlah pemohon baru sejauh ini masih cukup banyak, karena dari 150 ribu warga Sagulung yang wajib memiliki KTP-el, baru 80 persen yang sudah memiliki.

"20 persen yang sisa inilah yang terus berdatangan sampai hari ini. Jadi memang agak susah mau ditargetkan kapan selesai karena masih cukup banyak yang belum memgurus," jelasnya.

Kendati demikian, pihak kecamatan tetap bertekad demi menyukseskan pesta demokrasi Pemilu serentak yang dilaksanakan pada tanggal 17 April nanti, Ia akan fokuskan untuk mempercepat pencetakan KTP-el warga Sagulung yang telah punya hal pilih.

"Segala upaya tetap akan dimaksimalkan, agar pemilu nanti, semua masyarakat yang berhak memilih dapat menggunakan hak suara mereka," pungkasnya.

Editor: Chandra