Lahan Kosong di Perbukitan Samping Edukits Dilalap Si Jago Merah
Oleh : Hendra
Kamis | 14-03-2019 | 09:07 WIB
lahan_kosong_baloi_terbakar111111.jpg
Si jago merah tengah melahap lahan kosong di Baloi Kolam, perbukitan di samping kawasan Edukits. (Foto: Hendra)

BATAMTODAY.COM, Batam - Kebakaran hutan terjadi di area Baloi Kolam, persisnya perbukitan di dekat Jembatan Laluan Madani, Simpang Jam, samping Edukits, Kelurahan Sei Panas, Rabu (13/3/2019). Diduga api dipicu oleh kelalaian warga sekitar yang melakukan pembakaran di area dekat hutan.

Kebakaran ini terjadi sekitar pukul 16:00 Wib sore. Penyebab pastinya api berasal dari mana belum diketahui, namun dugaan sementara berasal dari kegiatan warga yang membakar lahan di area sekitar hutan.

Api pun membesar dan terus menjalar akibat cuaca Batam yang belakangan ini cukup panas. "Cuaca yang panas, dan banyaknya dedaunan yang kering membuat api cepat menyebar," ujar Faisal Reza, Babinsa TNI yang bertugas di wilayah Sei Panas.

Faisal menambahkan, mengingat cuaca panas saat ini, percikan api sedikit saja bisa berakibat fatal. Seperti yang terjadi di area hutan ini, yang mana telah terbakar seluas 3 hektar.

Semetara itu, di tempat yang sama, Kadisdamkar Kota Batam, Asman mengatakan, penyebab utama kebakaran ini tepatnya lebih pada kelalaian warga yang membakar di area dekat hutan sehingga api cepat menyebar, untuk sementara warga tersebut masih belum bisa diketahui identitasnya.

"Dugaannya ini murni kelalaian, jangankan kita bakar sampah atau lahan. Di tengah musim kemarau seperti ini, buang puntung rokok aja bakalan hidup," jelasnya.

Pantauan di lapangan, tiga unit Damkar milik Pemko Batam dikerahkan untuk membantu proses pemadaman, di tambah satu unit mobil tanki penyuply air dan satu unit mobil water cannon milik kepolisian yang juga membantu proses pemadaman.

Hingga berita ini dituliskan, terlihat api tititk api telah mulai padam, namun belum menyeluruh dan petugas saat ditanyakan juga telah dalam proses pedingina area.

Editor: Chandra