Air Kelapa Muda Bu Aminah Lepaskan Dahaga Satgas TMMD Bekerja Membangun Desa
Oleh : Romi Chandra
Rabu | 13-03-2019 | 18:18 WIB
tmmd.gif
Ibu Aminah mengantarkan air kelapa muda untuk Satgaas TMMD. (Foto: Romi).

BATAMTODAY.COM, Batam - Terik matahari yang melanda Kota Batam akhir-akhir ini sangat menyengat. Tentunya, aktivitas yang dilakukan di luar rumah juga terasa cukup berat.

Seperti yang dilakukan para prajurit TNI dan personil Polri tergabung menjadi tim satgas, dalam proyek semenisasi jalan di perkampungan Pasir Panjang Kelurahan Rempang Cate, Kecamatan Galang, Rabu (12/3/2019).

Mereka, harus melawan panasnya cuaca dalam rangkaian kegiatan fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 104 Kodim 0316/ Batam itu.

Meski demikian, bahu membahu dan saling bergotong rorong dengan warga, membuat rasa panas itu tidak menjadi penghalang untuk melakukan tugas mereka. Yakni, membantu kesulitan rakyat, memberdayakan masyarakat dan meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah. Sebagaimana tertuang dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004.

Kedekatan TNI bersama masyarakat semakin terasa. Bahkan kehadiran di tengah masyarakat juga disambut baik. Hal ini dibuktikan dengan munculnya inisiatif dari warga untuk bisa membantu meringangkan pekerjaan para prajurit tersebut.

Seperti yang dilakukan Ibu Aminah, seorang guru mengaji di TPQ Yayasan Ar-Raudhah daerah Pasir Panjang RT01/RW 03 Kelurahan Rempang Cate Kecamatan Galang.

Bukan ikut serta mengangkat semen atau batu. Bukan juga ikut berpanas-panasan. Melainkan, setiap harinya Ia menyediakan satu teko besar air kelapa muda untuk Tim Satgas TMMD dan juga warga.

Aksi ini bukanlah permintaan dari para prajurit maupun warga, melainkan spontanitasnya dengan beranggapan, setidaknya mampu membantu melepas dahaga para pekerja.

Saat ditemui pewarta, ia tampak baru keluar rumah dan berjalan kaki menuju para prajurit dan warga yang sedang beristirahat. Ia bukan berjalan dengan tangan kosong, melainkan sambil menggendong satu teko besar air kelapa muda.

Tentunya, segelas air kelapa itu mampu melepaskan dahaga dan rasa haus juga hilang seketika. Diakui Aminah, hal ini ia lakukan sebagai bentuk ibadah dan juga suka citanya kehadiran para TNI di tengah-tengah warga.

"Saya merasa sangat senang dengan adanya bapak-bapak TNI dan Polri disini. Mereka merupakan Tim Satgas TMMD. Kehadiran mereka sangat membawa perubahan untuk kami," aku Aminah.

Istri dari Bapak Wildan ini menjelaskan, perubahan itu dikarenakan akses jalan ke Kampung Pasir Panjang tidak akan digenangi air saat hujan, dan tidak akan berdebu saat panas.

"Kampung tidak terisolir lagi, karena sudah memiliki akses layak dan mampu dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat," terangnya.

"Melihat semangat mereka untuk membangun kampung kami, kami merasakan kehadiran bapak-bapK ini sudah seperti keluarga kami sendiri," tambahnya.

Kesadaran untuk menyediakan aiar kelapa muda itu, dikarenakan para Satgas sudah dianggap keluarga sendiri.

"Kalau saya sudah melihat mereka kelelahan, saya pasti buatkan mereka minum. Kadang saya buatkan es teh manis (teh obeng), tapi lebih sering kelapa muda, biar mereka segar dan tetap semangat," pungkasnya.

Editor: Gokli